Vlog & Youtube

Vlog Perlu Niche Khusus?

Niche?

Apaan sih?

Niche ini semacam genre kalo di lagu dan film, yaaa spesifikasinya mau apa. Kalau film kan ada film komedi, horror, romance, dll. Nah dalam sebuah vlog dan juga blog, ada beragam niche yang bisa kita pilih.

Lah kalo gado-gado gimana? Campur-campur gitu isinya. Misalnya seperti blog saya ini, hehe. Isinya campur aduk, dari mulai travelling, resep juga pernah ditulis disini, meski akhir-akhir lebih banyak nulis tentang blogging, vlogging, parenting dan kegiatan yoga.

Nah, jadi nama nichenya apa nih blog?

Istilah kerennya adalah Lifestyle Blog. Alias isinya beraneka ragam gitu. Entah darimana asalnya, tapi dengan menyebut diri sebagai lifestyle blogger, maka content di dalam blog itu segala hal dibahas. Berarti kalo vlogger yang mengupas banyak hal, apakah disebut lifestyle vlogger jugakah? Mmm, I think so.

Jenis Niche Untuk Vlog

1. Prank

2. Entertainment

3. Politik

4. Cover Lagu

5. Games

6. Paranormal Experience

7. Kids

8. Tutorial

9. Travelling

10. Kuliner

Sebenernya masih banyak lagi ya niche yang bisa kita fokuskan, bahkan aneka tips, resep itu juga bisa punya pangsa pasar tersendiri di youtube.

Apa Untungnya Punya Niche Khusus?

A. Lebih mudah terdeteksi mesin pencari

Jika blog maka mudah masuk dalam pencarian terutama google. Artinya makin sempit niche, maka probabilitas traffic juga makin mengalir tiap harinya. Tapi ini saja tidak cukup tentunya, perlu konsistensi menerapkan konsep SEO. Hal ini ternyata berlaku juga untuk vlog. Dalam youtube sendiri, ada mesin pencari yang bisa kita ketikkan.

Awalnya saya tidak terlalu pusing dengan SEO, upload ya wes upload aja. Terus, mulai galau kok traffic belum signifikan ya, padahal merasa udah bikin konten yang cukup layak tampil baik audio visual maupun jalan cerita. Akhirnya memaksakan diri belajar SEO untuk vlog juga.

Kurang lebih 2-3 mingguan ini, saya mulai aktif menerapkan SEO, dan membidik beberapa kata kunci, salah satu yang saya kejar adalah kata kunci VLOG ANAK KECIL. Per data hari ini, 12 Februari 2019 kisaran jam 3 sore, inilah hasilnya, dalam mesin pencari google dan youtube sendiri.

Saddha Story masuk nomor 12 pada Search Youtube dengan kata kunci Vlog Anak Kecil

Lalu gimana dengan mesin pencarian google yang terkenal dengan persaingan kata kunci superrrrrr ketat! Ini nih hasilnya, per postingan ini dibikin.

Saddha Story berada pada halaman 4 di mesin pencari google, dengan kata kunci Vlog Anak Kecil

Mendatangkan traffic memang PR banget, terutama buat para content creator seperti saya yang ingin memonetize channel youtubenya. Saya belum tau persis, akan seperti apa nanti efeknya ke traffic channel tersebut, tapi usaha untuk terus belajar dan praktek SEO, terus saya lakukan. Karena konon menuju 1000 subscribers itu memang gak gampang. Nah nanti setelah 1000 subs dan bisa dipasang google adsense, youtube akan lebih memberi porsi promosi tersendiri buat channel yang sudah dimonetize. Karena lewat ini jugalah, youtube juga dapet duit! Gitu coiiii! Perhari ini juga, masih di angka 433 subscribers untuk channel youtube Saddha Story. Doakan lancar menuju 1000 lalu 10K lanjut 100K dan seterusnyaaa. Amin.

B. Menguatkan Brand

Mau channel youtube kita dikenal sebagai apa, ini kembali kita juga sih. Tapi kalau kita perhatikan, channel-channel yang bisa menjadi besar, itu biasanya karena berhasil menampilkan brand mereka. Tidak asal gitu bikinnya. Seperti Yulia Baltshun, orang berbondong-bondong menunggu konten barunya tampil, karena ia komitmen untuk membahas tentang Diet dan Olahraga. Β Ya meskipun Yulia ini dulunya juga sempat masuk TV sebagai salah satu Top 3 Masterchef Indonesia, tapi jujur saya sendiri justru mengenal Yulia lewat channel youtubenya. Gara-gara saya search seputar kesehatan. Artinya secara *artis* awalnya Yulia belum sosok yang terkenal banget kan? Tapi lewat channel youtubenya, ia berhasil membuat BRAND khusus yang lekat dengan karakter dan pola pikirnya.

Atau ZARA CUTE, channel khusus anak-anak, yang so far saya tau, juga bukan berasal dari keluarga artis, mereka berhasil jadi salah satu trendsetter channel youtube anak.

Artis yang merambah youtube, dan langsung bisa ratusan ribu subscriber hitungan bulan? Karena mereka sudah bekerja keras di dunia entertainment, membesarkan namanya. Kemanapun mereka, pasti orang tau. Tapi saya perhatikan, artis pun juga harus punya konten bagus kok. Kalo terlihat tidak tertata, edit kurang oke, jalan cerita kurang bagus, juga subscribernya tidak semulus artis lain yang punya konsep menarik. Sebutlah Baim Wong, yang terbilang cukup baru membangun channelnya, tapi udah tembus jutaan subscriber. Padahal kalo dipikir, Baim ini udah jarang nongol di tivi kan? Tapi ia berhasil membuat konten yang bagus dan berhasil memikat banyak orang untuk menunggu update terbaru di channelnya.

 

Content is The King

Mau apapun nichenya, konten itu utama! Mau artis ataupun enggak, konten itu juga wajib bagus! Dengan konten yang bagus, itu akan menunjukkan kualitas vlog kita. Gak sekedar bikin-bikin doang, gak sekedar ikut-ikutan, tapi lakukan dengan sepenuh hati, kalo memang pengen hasil yang maksimal. Saya juga sadar banget sih, buat belajar kayang di yoga aja butuh hampir setahun, hahahaa. Tentunya belajar meningkatkan kualitas vlog Saddha Story juga butuh waktu, tekun dan telaten. Semangatttt! Practice makes perfect!

 

Istantina atau lebih dikenal sebagai innaistantina, A Lifestyle Blogger asal Jogjakarta. Selain menulis, motret & yoga adalah hobby yang digelutinya. Kenali lebih dekat melalui IG: @innaistantina

2 Comments

  • Reyne Raea (Rey)

    Mbaaaakkk, beri saya sedikit rasa pede tampil di video donggg!!!!
    wkwkwkwkw

    Saluttt banget saya ama orang2 yang pede tampil ngoceh di video, saya kalau ngomong bisa cepet loh mba, tapi kalau madep video? BLANK hahaha.

    Dan beberapa campagn video berbayar terpaksa gak saya ambil gegara gak pedenya saya tampil.
    namun, ada satu campagn yang semacam saya terjebak kudu bikin videonya huhuhu

    Kalau saya terus terang emang lebih suka membaca sih ketimbang liat video, aneh tapi nyata ya, di saat orang2 lebih suka nonton πŸ˜€

    Mungkin itu kali ya yang bikin saya kurang ngeh ama yutub.

    Tapi anyway, selamat ya mbak, Sadha Story semakin terkenal, insha Allah bakal jadi yutuber cilik terkenal yang akan turut meramaikan kancah per vlog an πŸ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *