Gadget & Techno

Uji Low Light Kamera Xiaomi Redmi Note 5, Emangnya Beneran Keren?

“Apa Yah nama hapenya? Kok mirip-mirip siomay?”, respon saya suatu hari saat suami merekomendasikan smartphone bernama Xiaomi beberapa tahun lalu.

“Bagus kok reviewnya”, jawab Suami saya.

Beberapa hari setelah perdebatan sengit tentang Xiaomi ini, lah kok pas saya ikut workshop, ada salah satu teman yang juga membawa hape tersebut. Ia pun cerita tentang kehebatan hape yang baru dipakainya selama beberapa minggu.

“Ini kameranya bagus banget Mba”, tunjuknya. “Murah lagi”, tambahnya kemudian. “Gak perlu merk mahal macam ipon atau samsul itu mba”. “Xiaomi cukup mantap lah dengan harga yang lebih terjangkau”, jelasnya macam sales handphone di counter-counter.

Lalu apakah saya yang sedang cari hape baru waktu itu langsung memutuskan beli Xiaomi? Mmm enggak. Ya, saya masih belum bisa menerima namanya, dan belum tergoda sama desainnya. Buat saya desain itu sangat penting, sepenting pemilihan warna. Lah gak karena spesifikasinya? Ya itu sih juga diperhitungkan, tapi nomor kesekian, hahaha.

Kejadian per-Xiaomi-an ini udah sekitar 3 tahunan lalu. Hingga pada suatu hari, saya mulai keranjingan belajar fotografi dan butuh ganti hape karena hape lama mulai lemot luar biasa. Entah gimana ceritanya, ketika saya lihat profil para instagramers dengan hobby yang sama, entah itu mereka pakai teknik macro, landscape, ataupun teknik motret lainnya, sebagian besar menggunakan Xiaomi. Ada apa sih dengan Xiaomi ini? Namanya saja, mirip-mirip sama makanan favorit saya yang kalo makan 1 porsi gak pernah cukup 😀

Nah, dari hobby motret inilah, saya mulai mencari-mencari hape yang mumpuni, tapi kalo bisa jangan Xiaomi deh. Saya masih geli-geli asyik mendengar namanya.

Beli Hape Baru, Apa Yang Saya Pertimbangkan?

Pertama, yang saya cari spesifikasi, eehh tumben! Hahaha. Iya, secara mulai seneng tuh jeprat-jepret, edat-edit, plus edit video untuk VLog yang saya kerjakan bareng anak-anak, makanya butuh hape dengan penyimpanan yang cukup besar.

Kedua, Harga! Wooo jelas, harga minimal dengan hasil maksimal tentu jadi idola buat siapa saja. Pengennya yang gak lebih dari 3 juta, yaaa kalo bisa 2.5 lah maksimalnya. Hape bermerk yang sering wara-wiri di tivi, dengan kemampuan yang saya mau, beh harganyaaa! Mending buat bayar sekolah & les anak-anak. Jadi ya, pengennya harga murah dengan kemampuan istimewa. Emang ada? Please jangan bilang harus Xiaomi lagi.

Ketiga, barulah kali ini saya mengalah ke diri sendiri. Okelah masalah desain, terutama warna, gak masalah, mau gimana juga. Yang penting speks oke, kemampuan kameranya WOW!

Xiaomi Redmi Note 5, Apa Pula Ini?

Hingga suatu hari, saya berkelana di beberapa channel youtuber yang suka membahas gadget & teknologi. Teringatlah saya tentang Xiaomi, yang makin kesini kok makin bikin penasaran, karena banyak yang ngomongin di sana-sini.

Dari beberapa review para Vlogger, muncullah nama Xiaomi Redmi Note 5. Konon kabarnya, kameranya canggih meski di tempat minim cahaya, hasil input dan output suara juga oke punya diantara jajaran hape dengan range harga serupa. Isenglah buat buka aplikasi Bukalapak, langganan belanja online saya selama ini, biasa lah, buat ngecek berapa harga terupdatenya. And you know what? Ketika saya cek harga, ternyata ada Redmi Note 5 yang warnanya merahhhhh! Warna favorit!

Tuh, mulai gak jelas, katanya mau pilih hape berdasarkan kemampuannya, eee balik lagi karena warnanya! Piye tho?”, begitu batin saya bergejolak mencoba untuk menentang.

Saya lihat harga dan total ongkirnya, kisaran 2.7 juta rupiah. Sedikit overbudget, tapi gakpapa lah. Mmm gakpapa ya? Bismillah gakpapa, Insya Allah mantap, setelah melihat hasil banyak review menarik tentang hape besutan negeri Tiongkok ini.

Gakpapa juga deh, secara nama saya belum familiar. Gakpapa juga, iklannya gak sebanyak hape merk terkenal. Yang penting, secara budget & speksifikasi masuk, dan warnanya guwe banget.

Akhirnya, setelah 3 tahun dari perbincangan dengan suami tentang hape Xiaomi, bulan Oktober 2018, saya meminang hape ini. Ternyataaaa,  handy banget ini hape. Enak dipegang, gripnya gak terlalu licin, dan terasa pas di tangan.

Uji Low Light Xiaomi Redmi Note 5

Nah, saatnya juga nih, buat uji nyali redmi note 5. Bener emangnya punya kemampuan oke punya di tempat yang cahayanya minim? Karena hape manapun pasti tetep oke-oke aja kalo ambil gambar di tempat terang dan siang hari. Tapi ujian sesungguhnya justru ketika cahayanya sangat sedikit dan terutama di malam hari.

Ok, ini beberapa sampel foto yang saya buat, di sebuah resto di Jogjakarta. Kondisi malam hari, setelah hujan, dan tanpa filter serta editing sama sekali, hanya penambahan watermark saja. Check this out!

Luar Ruangan

Dalam Ruangan

Lihat gimana hasilnya? Huhuhuhuuuu bikin saya jatuh cintaaaa! Ini dalam kondisi malam loh, tanpa flash, tanpa tambahan lampu apapun. Cahayanya warm, standard cahaya lampu di resto gitu lah, gak mungkin terlalu gonjreng ataupun terang banget kan?

Ini nih yang namanya, dari benci jadi cinta. Yes, never judge from the book, the look, dan the name!

Nah,bBuat yang penasaran seperti apa spesifikasinya, ini boleh silahkan intip-intip dari yang dibeberkan di halaman reviewnya Bukalapak.

Selama hampir sebulan menggunakan hape Xiaomi Redmi Note 5 ini, saya cukup puas dengan hasil fotonya. Shutternya juga cepet, gak pake delay, jadi bisa lebih leluasa jeprat-jepretnya.

Gak nyesel juga belanjanya di Bukalapak, karena lengkap banget nih segala perlengkapan gadgetnya, seperti handphone, laptop, powerbank, dan lain-lain, dengan harga yang variatif dan kompetitif.

Bahkan banyak kebutuhan hobby saya terpenuhi oleh Bukalapak, seperti saat beli aneka lensa untuk smartphone photography, yoga ataupun hobby-hobby lainnya. Maklum hobby saya banyak, wkwkwkwk. Doyan belanja pulak. Ah untungnya saya model istri yang bisa cari duit sendiri buat beli aneka pernak-pernik hobby di Bukalapak, yaaa kalo kurang tetep nodong ke suami. Duhh maaf ya cintaku. Gak sering-sering ini kok, xixixiii

Intinya mah, saya dan Bukalapak itu friends sejati, saat saya butuh, dia selalu siap menemani. Ya asal saldo di rekening ada, pastilah beressss 😀

Nah nah nah, buat yang pengen upgrade hape ataupun kebutuhan lainnya, cussss langsung ke Bukalapak aja, enak banget kok platformnya, simpel dan mudah digunakan. Buat yang pengen hape Xiaomi juga, langsung aja, di Bukalapak lengkap stoknya! Mau bekas, mau baru, adaaa semua. Atau ada yang mau kasih saya hadiah barang dari Bukalapak? Boleh boleh, saya bisikin nanti kirimnya kemana yaaa 🙂

Istantina atau lebih dikenal sebagai innaistantina, A Lifestyle Blogger asal Jogjakarta. Selain menulis, motret & yoga adalah hobby yang digelutinya. Kenali lebih dekat melalui IG: @innaistantina

47 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *