Tips Persiapan Persalinan

Satu yang ditunggu-tunggu saat kehamilan makin membesar adalah proses kelahiran atau persalinan si jabang bayi. Tapi ada yang perlu diperhatiin nie Mom, yaitu seberapa concern kita dalam mempersiapkan kelahiran buah hati kita. Karena kadang terjadi, pas hari H melahirkan, eeee belum membekali ilmu ataupun informasi yang berkaitan dengan persalinan.

Nah Mom, berikut hal-hal yang perlu dipersiapkan jelang kelahiran si kecil:

OLAHRAGA

Olahraga saat hamil, terbukti membantu sekali untuk proses melahirkan. Sesuai yang direkomendasikan banyak dokter, olahraga yang cocok untuk ibu hamil tentunya olahraga yang ringan & juga have fun, jadi si ibu maupun anak di dalam kandungan bisa sama-sama menikmati & sehatsegar. Kenapa sih perlu olahraga saat hamil? Karena saat melahirkan kita butuh banyak tenaga Mom, dan fisik juga mesti dipersiapkan seoptimal mungkin, untuk menghadapi masa-masa kontraksi, mengejan, hingga pasca melahirkan.

Selain senam hamil, berenang dan jalan pagi bisa membantu kebugaran saat hamil, memperkuat otot-otot untuk persalinan dan yang gak kalah penting adalah memperpanjang-memperdalam nafas Mom, karena kalo nafas kita panjang-dalam, ngebantu banget loh pas proses mendekati si kecil lahir, terutama jika kita mau melahirkan secara normal. Believe me 🙂

PEMILIHAN DOKTER/ BIDAN & RS BERSALIN

Sebelum melahirkan, pastikan Mom sudah yakin dengan dokter atau bidan yang akan menolong proses melahirkan nanti, dan tentunya rumahsakit atau klinik mana yang akan dipilih.

Tips memilih dokter/ bidan utk persalinan

Dokter/bidan yang bisa diajak ngobrol, komunikatif, serta tipikal yang rileks, bukan yang parnoan alias panikan. Saya pernah nie Mom, ketemu ama dokter kandungan yang begini, haduh haduhhhh, bukannya menenangkan malah bikin worry. Gak gak lagi deh, hehe. Nah, Alhamdulillah saya ketemu dengan dokter Detty yang praktek di Sakinah Idaman dan juga Happyland Jogja. Assikk deh dokternya, recommended sekali. Beliau ini sabar, cool, rileks… Malah pas proses melahirkan itu setiap menunggu waktu mengejan, dokter Detty ngajak ngobrol hal-hal menarik lainnya loh. Supportif banget ke kita yang lagi ngejan deh pokoknya, hehe. So Mom, selama kita masih bisa memilih, pilih deh dokter/ bidan yang benar-benar “klik” sama kita ya 🙂

Tips Memilih RumahSakit/ Klinik untuk persalinan

Tentunya memilih RS/ klinik bersalin yang mendukung IMD (inisiasi menyusui dini). Jika perlu survey langsung ke tempatnya, minta liat kamar tempat kita akan stay selama di RS/ Klinik, fasilitasnya seperti apa, perbandingan harga dengan RS/ klinik lainnya, pelayanannya dan yang gak kalah penting nyaman atau tidaknya ketika kita ada disana.

KEPERLUAN IBU & BAYI

Saat bulan-bulan terakhir jelang HPL, sebaiknya Mom sudah mempersiapkan keperluan Mom dan juga bayi. Berikut beberapa keperluan yang dibutuhkan:

1. Baju dengan kancing bukaan depan, untuk mempermudah proses menyusui nantinya. FYI, untuk beberapa RS malah menyediakan baju khusus untuk ibu sebelum dan setelah melahirkan loh, seperti di RS Happyland, tempat saya melahirkan anak kedua.

2. Baju bayi yang akan dikenakan saat pulang, karena biasanya RS/ klinik sudah mempersiapkan baju bayi saat setelah melahirkan dan untuk beberapa hari disana. Untuk lebih pastinya, jangan lupa untuk tanyakan ke pihak RS/ klinik tentang hal ini ya Mom.

3. Peralatan mandi untuk ibu.

4. Pembalut dengan ukuran extra large, atau yang khusus untuk ibu pasca melahirkan. Saya sendiri pake produknya Softex yang “maternity”. Lembut dan yang terpenting tebal-lebar 🙂

PENDAMPING SAAT PERSALINAN

Nah ini juga sebaiknya dipikirkan masak-masak Mom, agar yang menemani kita saat melahirkan benar-benar bisa membantu kita secara mental. Karena ada beberapa cerita, sang suami tidak berani untuk berada di kamar bersalin, jadi mau gak mau gak bisa dipaksakan toh?

Saat melahirkan yang pertama, suami saya yang menemani. Ketika keduakalinya, ini pas suami saya baru saja pindah kerja, plus kerjanya di pelosok Halmahera sana. Jadi dari awal hamil saya sudah mempersiapkan mental, tidak ditemani suami saat melahirkan nantinya. Alhamdulillah, ada kakak ipar saya yang membantu sekali di proses tarik-buang nafas saat kontraksi sedang hebat-hebatnya. Thanksss Mba Yantiiiii ^_^

Ok Mom, moga tips jelang persalinan ini bisa bermanfaat ya.. Happy Pregnancy 🙂




coded by nessus

4 Comments

  1. Pingback: Biaya Melahirkan atau Persalinan di Yogyakarta Jogjakarta | Lihat, Dengar & Rasakan

  2. Pingback: Biaya Sekolah di TK Budi Mulia 2 Pandean Sari | Lihat, Dengar & Rasakan

  3. Pingback: Tips Memandikan Bayi Buat Ibu Baru #crinnnggg! | Lihat, Dengar & Rasakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *