Lifestyle

Tempat Bersejarah di Indonesia: Mau Hunting Foto Bangunan Kuno?

Keindahan bangunan tua lengkap dengan sejarahnya tidak hanya menarik untuk disimak kisahnya, tetapi juga akan menjadi tempat hunting foto yang dapat menghasilkan karya foto mengesankan. Kesan magis dan dramatis selalu tertangkap dari bangunan-bangunan kuno yang ada di seluruh penjuru dunia.

Indonesia sendiri punya beberapa kota yang kerap jadi jujugan hunting foto arsitektur. Yang paling sering dikunjungi adalah Solo, dengan beberapa pilihan spot hunting favorit yang bisa jadi karya luar biasa lewat angle-angle yang berbeda, seperti tempat-tempat berikut ini.

1. Keraton Surakarta Hadiningrat

foto:mediaindonesia.com

Sudah jadi wisata mainstream kalau ke Solo, tapi tidak semua orang bisa mengambil angle gambar yang bagus bukan? Coba asah kemampuan kamu mencari angle bagus dari Keraton Surakarta Hadiningrat yang menjadi tempat tinggal keluarga Keraton Solo.

Bangunan ini berdiri pada tahun 1744, dengan arsitektur yang masih dijaga keasliannya sampai sekarang. Tetap menarik meski mainstream bukan?

2. Benteng Vastenburg

foto:@ernasunariyah

Kokoh dan megah, Benteng Vastenburg yang dibangun pada tahun 1745 ini cantik dipotret dari mana saja. Antara keindahan dan sisi gagahnya, berpadu dengan apik di bangunan yang berada di Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Solo ini.

Mau hunting pagi, siang atau malam, semua bisa dapat gambar bagus. Jam bukanya pun 24 jam, jadi nggak perlu panik kehabisan waktu memotret di sini.

3. Omah Lowo

foto: @arioardhi

Bangunan cagar budaya ini sempat terbengkalai dan jadi rumah ribuan kelelawar yang akhirnya membuatnya disebut sebagai Omah Lowo. Kini sudah tidak ada kelelawar di dalamnya, namun bangunannya tetap disebut sebagai Omah Lowo.

Dengan bentuk bangunan yang masih terjaga sampai sekarang, Omah Lowo selalu menarik untuk diabadikan dalam foto. Lokasinya pun gampang dicari, yaitu di tepi jalan Slamet Riyadi, seberang Solo Center Point.

Selain Solo, hunting foto bangunan kuno yang nggak kalah seru adalah Jakarta. Nggak sedikit fotografer yang mengawali perburuan fotonya dari Solo, lalu berangkat menuju Ibukota untuk hunting. Dengan tiket kereta api Solo Jakarta yang beragam, kamu pun bisa melakukannya.

Biar hemat, beli tiket kereta api Solo Jakarta kelas ekonomi saja. Pilihannya adalah KA Matarmaja, Majapahit atau Brantas yang akan membawamu ke Ibukota dengan harga murah meriah.

Sesampainya di Jakarta, bukan hanya Kota Tua yang bisa kamu tuju buat hunting. Beberapa tempat berikut ini pun nggak kalah menarik.

4. Gedung Kesenian Jakarta

foto: Albertus Aditya/wikipedia.org

Pilar-pilar megah jadi ciri khas Gedung Kesenian Jakarta. Keindahannya tidak hanya tampak di siang hari, tetapi juga terlihat di malam hari. Dengan lampu-lampu yang menerangi bagian luar gedung dan jalan raya, Gedung Kesenian Jakarta yang berada di pusat kota ini wajib banget buat jadi lokasi hunting foto arsitektur.

5. Tugu Kunstkring Paleis

foto:bridestory.com

Terletak di kawasan Menteng, restoran mewah dengan bangunan belanda  ini masih terjaga keindahannya meski kawasan di kanan-kirinya sudah penuh dengan gedung modern. Untuk mendapatkan kesan yang lebih cantik, hunting foto di sini kala malam telah menjelang bisa jadi pilihan terbaik. Sambil menikmati hidangan di restoran ini, lapar mata dan lapar perut kamu bisa obati.

Tentunya masih ada banyak tempat dengan bangunan kuno di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi sembari hunting foto. BIla ingin lebih menarik, mungkin kamu bisa mencoba menghubungi komunitas-komunitas fotografi di Jakarta untuk meminta informasi yang lebih lengkap. Atau hanya ingin sekedar menyapa para penyuka fotografi dan berbagi kisah, tips dan trik.

 

Istantina atau lebih dikenal sebagai innaistantina, A Lifestyle Blogger asal Jogjakarta. Selain menulis, motret & yoga adalah hobby yang digelutinya. Kenali lebih dekat melalui IG: @innaistantina

34 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *