• Blogging & Writing

    Blogger Masa Kini, Ilmunya Harus Kekinian!

    Jaman awal ngeblog di tahun 2005-2007 dulu, belajar pake blogspot, belum pake nama domain sendiri. Lalu sejak 2009, mulailah punya domain sendiri. Sempet tuh diurus 2 tahunan, sampai akhirnya ketika mulai belajar bisnis ini itu, terbengkalailah blog tercinta. Hingga masa domain expired, beserta dengan hostingnya! Hwaaaa ilang semua dong berarti? Haaaiyaaa πŸ˜€ Kadang disitu saya merasa sedih, kenapa gak pake hosting gratisan di blogspot aja, paling gak ketika domain gak diperpanjang seperti yang saya pake di wordpress, semua postingan masih ada. Yah, tapi ibarat kata nasi udah jadi bubur, sekarang gimana caranya bikin bubur itu tetep enak dan lezat! Ilmu di dunia blogging ini memang lezat, di mata saya ya,…

  • Blogging & Writing

    Komen Saat Blogwalking, Pentingkah?

    Bahagianya seorang blogger itu sederhana banget, ketika postingannya mendapatkan komen. Nah! Memang apa etika dan aturan komen mengkomen saat mengunjungi sebuah blog? Atau istilah kecenya adalah blogwalking. Jalan-jalan blog. Yes, artinya kita singgah dari satu blog ke blog lain, dan juga meninggalkan jejak. Gini gini, gak usah repot-repot mikir ilmu SEO yang lumayan bikin berkunang-kunang. Kita analogikan secara sederhana aja. Misal nih, kita warga baru nih di suatu kampung. Terus kita pengen kenalan dengan tetangga kita sebelah rumah. Nah, etikanya kita dateng, bertamu, membawahkan buah tangan mungkin, lalu kenalan deh. Saling bertukar nama dan cerita. Ketika kita lakukan ke beberapa tetangga lainnya, otomatis kita punya relasi baru. Which is relasi…