Rutin Yoga, Dapet Manfaat Apa Aja?

Pertama kali kenal yoga itu uda lama banget sebenernya, kurang lebih belasan tahun. Setelah mulai musim tuh upload-an video tutorial yoga di youtube, barulah saya mulai lihat-lihat. Yaaa, lihat dan nonton doang, tanpa ada keinginan *angkat badan* buat *doing yoga*. Ibarat kata, masih sebatas observer aja pada mulanya, terus mulai ikut-ikutan latihan dengan panduan di youtube, tapi ya gitu deh, masih semaunya sendiri 😛

Setelah searching sana-sini, akhirnya saya menemukan tempat yoga di jogja, yang menurut saya *cucok* banget, baik secara waktu, tempat, pengajar dan environmentnya. Kenapa youtube aja gak cukup? Karena saya tipe orang yang kadang juga butuh langsung *ditoyor* buat back on track. Nah kalo ada guru yoga kan gak bisa asal tuh gerakannya, kalo pake youtube aja misal saya gak kuat ya saya gak ikuti aja lah, hahhaa

Dan saya gak nyangka, ternyata olahraga yang keliatannya kalem ini, ternyata bok keringetnyaaaaa, ampe kotos-kotossss!

Terus apa aja manfaat yang saya dapatkan setelah RUTIN YOGA, saya kasih *capslock* untuk kata RUTIN ya, karena memang butuh rutin, gak cuma ikut kelas seminggu doang, setelah itu bye gak pernah latihan di rumah

  1. Tidur lebih lelap. Jam 9-10 malam sekarang tuh uda ngantuk luar biasa, padahal dulu bisa begadangan ampe jam 11-12 malam bahkan kadang lebih. Dan efeknya kalo uda begadangan, bawaannya badan pegel-pegel gak jelas, dannn esmosi tak terkendali!!! Sejak yoga, tidur lebih awal, bisa bangun jam 3-4 pagi, badan lebih segerrrrrr
  2. Jarang FLU! Saya termasuk yang sebelumnya tuh dikit-dikit flu. Dann itu bisa berulang 1-2 bulan sekali. Capekkk dehhh. Alhamdulillah sejak rutin yoga, jadi berkurang banget tuh flu & friends
  3. Alarm tubuh lebih nyala! Apa nih maksudnya? Masih nyambung ke flu tadi, tubuh akan lebih awal ngasih deteksi dini pas mau sakit. Sebelumnya, saya tuh gak tau kenapa, gak tau kapan ketularannya, eeee tiba-tiba aja uda batuk ngukluk ataupun hidung meler gak karu-karuan. Namun sejak rutin yoga, ketika mau sakit itu uda ada kerasa dulu. Entah tenggorokan gak enak berkepanjangan, kepala puyeng, dll. Dan ini tetep harus dibawa yoga, karena kalo males-malesan nurutin sakitnya, malah jadinya sakit beneran
  4. Berkurang minum obat! Sejak rutin yoga, tiap sakit/ hampir sakit, saya cukup konsumsi jeruk lemon + madu, beda dengan sebelumnya yang harus minum antibiotik atau obat-obatan flu/ batuk
  5. Baju-Baju Lama Mulai Kepake Lagi! Ihiiiwwww! Ini sebenernya bukan target utama, karena tujuan utama dari awal pengen lebih sehat aja. Dan memang sih, selama hampir setahun ini, berat badan belum signifikan turunnya, karena makannya masih KALAP! Hahaha. Tapi somehow, tiap ketemu temen, selalu nanya: “Turun berapa kilo?”. Dan baju yang dulu sempat sempit pun terasa lebih longgar. Mmm, mungkin ini istilah kalo yang dibilang *badan lebih kenceng*, meski masih banyak pe-er gelambir di-sana-sini
  6. Lebih Fit! Ini yang saya cari-cari banget sebelum mengenal yoga. Sejak rutin yoga hampir tiap hari, nyetir sanasini uda lebih setrong, naik motor kemanapun hayuk hajar aja, dannn yang penting gak cepet capek tiap beberes rumah ataupun masak
  7. Emosi Lebih Terkendali. Jujur, saya tipe orang yang gampang meledak. Dan dengan yoga ini cukupppp ngerem banget. Ya masih ada *ledakan-ledakan* kecil, tapi gak seWOW dulu 😀

Well, itu aja sementara manfaat yoga yang saya dapatkan setelah rutin yoga kurang lebih hampir 1 tahun terakhir ini. Insya Allah, saya terus beryoga sampeee tuwaaaa! Karenaaaaa eh karena, mupeng banget liat beberapa guru yoga saya yang usianya uda 50an bahkan 60an tahun, tapi tetepppp setrongg, dan cantik glowing-glowing :*

Pengen juga lah, ikut menua dengan cantik eh sehat, eh cantik & sehat 🙂




coded by nessus

6 Comments

  1. Dua tahun lalu saya coba Yoga sendiri di rumah, Mbak. Yang sangat basic, yang gampang diulang dan dilakukan sendiri. Tapi hanya bertahan 3 bulan, setelah itu malas. Pengen sih ikutan yang di studioe, tapi memang alasannya saat itu adalah waktu. Kalau pulang kantor ke tempat yoga, dijamin sampai rumah bakal malam, lalu kapan urus anak ya?
    🙁

  2. Temenki ada yg rajin yoga. Dia juga bilang, walo diliat santai, itu yoga ga bisaa dibilang gampang. Keringat dijamin banjir. Dia juga udh expert yoganya.. Sementara aku msh tahap kepengin doang, hihihi… Abisnya, sejak dipindah ke cabang yg jauh dr rumah, ga memungkinkan lg pulang kantor nge yoga mba. Sementara mau bljr sendiri dr you tube, kita sama. Ga bakal rutin kalo ga ada gurunya :p.

  3. Evi

    Saya dulu rajin Yoga. Dan merasakan manfaatnya bagi tubuh. Selain lebih bugar otot-oto juga lebih kencang. Namun sudah 3 tahun ini saya diliputi malas akut. Entah kapan bisa balik Yoga lagi 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *