Lifestyle

Riset Holahop Bakar 10 Menit 100 Kalori, Benarkah Demikian?

Jauh sebelum suka dengan olahraga yoga, saya terlebih dulu suka yang namanya renang dan holahop. Tapi karena buat saya, renang itu kok ribet ya kalau misal harus rutin, mulai dari nyiapin baju dan segala printilan, harus naik kendaraan dulu ke kolam renang terdekat, dan belum lagi pasca berenang harus beberes aneka baju hingga acara cuci mencucinya.

Yak, fix, acara renangpun sekarang ini, hanya sesekali, terutama saat anak-anak libur sekolah. Kalau untuk olahraga rutin, haduhhh! Kecuali nanti bisa punya rumah di area cluster yang ada kolam renangnya, mau lah berenang tiap hari, huhuiiii! Eh aminkan ajaaa ya, siapa tau bener bisa tercapai. Amin.

Itulah kenapa saya lebih suka olahraga di rumah, yaitu holahop dan yoga. Kalau yoga itu termasuk sesuatu yang bener-bener baru buat saya, beda ceritanya dengan holahop yang saya kenal sejak saya SD. Tapi sayang hanya sebatas mainan holahop saja. Jadi ketika memulai holahop lagi saat dewasa, butuh sekitar 1-2 minggu untuk berlatih lagi.

Memar di kaki, memar di perut, dan yang kerasa nyeri banget itu di tulang kering dekat tumit kaki. Itu kalau kepentok holahop pas baru latihan, waduw amboii nian rasanya!

Buat yang tertarik untuk berlatih holahop, jangan lupa pakai kaos kaki cukup tebal dan juga sepatu olahraga ya, biar lebih nyaman saat holahopan.

Kenapa olahraga dengan holahop ini menarik? Bahkan sekelas Beyonce hingga Michelle Obama juga melakoni olahraga ini. Asyik memang holahopan, bisa di rumah, kalau saya bisa sambil nonton film atau berita di televisi, bisa mengerjakan beberapa hal yang berkaitan dengan blog seperti blogwalking, balesin komen, bahkan sambil ngetik di blog pun masih bisa. Kegiatan lain seperti ngurus sosial media baik itu di FB maupun instagram juga tetap bisa dikerjakan.

Holahop, Bakar 100 Kalori Per 10 Menit?

Ini bener gak sih, dari beberapa artikel yang saya baca, rata-rata menyebutkan bahwa dengan holahop 10 menit itu bisa bakar 100 kalori. Artinya kalau dilakukan selama 60 menit, bisa 600 kalori dong? Wow! Siapa yang gak mupeng kalau liat angka ini.

Christabel Zamor seorang guru hula hoop dan CEO dari HoopGirl Inc mengungkapkan jika  Olahraga hula hoop bisa membakar hingga 600 kalori per satu jam latihan.

Selama 10 menit bermain hula hoop terbukti mampu membakar 100 kalori. Bahkan sebuah studi yang dilakukan American Council on Exercise menemukan bahwa bermain hula hoop selama satu jam bisa membakar kalori yang sama besarnya dengan aerobik selama satu jam.

“detik(dot)com”

Oke secara riset dan teori, boleh lah ya data seperti itu, lalu gimana dengan faktanya?

Nah, ternyata selama ini, setelah saya praktekkan, hasilnya jauh dibawah riset, hahaha! Paling banyak itu sekitar 200an kalori tiap holahopan selama 1 jam. Saya jadi bertanya-tanya, itu yang bisa sampai 600 kalori sejam, holahopannya gimana ya? Mungkin sambil dance gitu kali ya, yang holahopnya muter-muter dari kepala sampai kaki. Ada juga teman yang bilang, bisa jadi karena pake fat burner sebelum olahraga, jadi kebakarnya lebih banyak.

Mmm, apapun analisanya, saya tetep cinta kok sama olahraga dengan holahop ini. Praktis dan bisa dimana aja, kecuali pas keluar kota, saya lebih memilih yoga, karena alat holahopnya belum punya yang model portable, yang bisa dicopot-copot  dan dibawa kemana aja gitu.

Teman-teman, ada yang suka olahraga holahopan jugakah?

Istantina atau lebih dikenal sebagai innaistantina, A Lifestyle Blogger asal Jogjakarta. Selain menulis, motret & yoga adalah hobby yang digelutinya. Kenali lebih dekat melalui IG: @innaistantina

8 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *