Punya Blog Baru, Buat Apa?

Tanggal 15 Januari, saatnya domain & hosting blog innaistantina.com ini perpanjangan. Seperti yang sudah saya duga sebelumnya, biayanya naik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Secara kurang lebih sejak 2018, lumayan banyak update di blog ini. Apalagi beberapa kali ikutan program challenge nulis blog tiap hari. Otomatis, kebutuhan bandwith untuk hosting naik.

Kebutuhan Hosting Yang Bikin Cenat-Cenut

Ya itulah resiko kalo pakai platform wordpress, baik domain maupun hosting, semuanya bayar. Postingan nambah, muatan gambar, jumlah traffic yang masuk, ini semua masuk ke hosting, kebutuhan daya tampung yang makin hari makin besar.

Sebenernya resiko ini saya udah paham sih dari awal, tapi gak nyangka ternyata kebutuhannya hostingnya lumayan eui! Mulai keliatan membengkak di pertengahan tahun kemarin, sampai saya sempat menambah biaya hosting sebelum jatuh temponya habis. Beberapa kali berpikir apa perlu beli domain lagi ya. Kan udah ada saddhastory.com? Nah ini nih repotnya orang semi-perfectionis gini πŸ˜€

Blog saddhastory pengennya untuk hal lain sih, lebih berhubungan ke konten youtubenya. Sementara saya butuh blog yang saya bisa bebas nulis apa saja dan kapan saja dengan jumlah berapapun juga.

“Kenapa mesti takut hosting naik? Kan ada job sebagai blogger?”. Ya ada, tapi ngerasa sayang aja gitu, kalo harus naik lagi dan lagi. Maklum otak emak-emak yang pengennya irit πŸ˜€

“Ya nanti lama kelamaan juga nilai paid review lebih tinggi, yang bisa buat bayar hosting juga kan?”. Iya saya ngerti bin paham, bahwa sesungguhnya sesuatu yang kita konsisten didalamnya juga hasilnya bakal signifikan. Tapi tetep kekeh aja, pengen bebas pasang gambar berapapun di blog, nulis tiap hari sebebasnya, gak pake mikir kalo tahun depan biaya hosting naik lagi.

Kebutuhan bandwith blog ini, terakhir saya cek, kurang lebih butuh 2-5 GB perbulannya. Angka yang tidak sedikit saudara-saudara. Kalo pas sepi itu kisaran di 2 GB, tapi begitu saya baru rajin blogwalking dan beberapa kata kunci kena SEOnya, lha ini waduw bisa langsung melonjak bandwithnya. Bahkan pernah saya cek di beberapa bulan sampai di angka 6GB.

Lahirlah EmakEksis.com

Dengan segala kecenat-cenutan yang ada, maka saya putuskan untuk beli domain baru, www.emakeksis.com. Sebenarnya dari akhir tahun 2018, udah mulai kepikiran ngangkat nama Emak Eksis, entah itu lewat blog ataupun youtube channel. Tapi secara masih kejangkaunya blog, jadi saya beli saja dulu domainnya di kisaran bulan Juli 2019.

Meski nyatanya, baru diisi bulan Januari 2020 ini dong, wkwkkwk. Maklum, masih galau gitu, emak eksis mau diisi apa ya? Apa yang nantinya membedakan dengan blog innaistantina.com ini. Nah akhirnya setelah mantap dan nemu formulanya, barulah saya isi blog EmakEksis per awal tahun 2020 ini.

EmakEksis nantinya bakal lebih banyak postingan berseri, sinetron aja berseri-seri, postingan blog juga boleh dong :))

Misal di seri pertama ini, saya lebih banyak bahas tentang pembuatan SIM, mengendarai mobil secara manual/ matic dan hal-hal yang berkaitan.

Harapannya sih biar SEO on pagenya lebih dapet gitu. Ya maklum, pemain SEO abal-abal begini lebih sering nyoba aneka ini itu trik, meski seringnya bingung dhewe, wkwkwk.

Masih banyak PR buat ngerapihin blog emakeksis nih, secara pakai platform blogspot, saya juga harus belajar ulang lagi. Duluuu banget pernah ngotak-atik blogspot sampai bisa dapet traffic lumayan signifikan tanpa blogwalking. Nah sekarang ilmunya kan makin berkembang tuh, bahkan beberapa diantaranya berbeda, jadi perlu belajar lagi dan lagi.

Yang penting sih, sekarang fokus kasih introduction siapa pemilik blog, SEO on page tipis-tipis, sama konsisten nulisnya. Yes, konsisten, gampang dibayangin, susah dilaksanain πŸ˜›

Lalu, Blog innaistantina.com Buat Apa?

Setelah ada emakeksis, terus blog ini buat apa dong? Apa tinggalin aja, gak usah perpanjang domain sama hostingnya? Duh, amit-amitttt jangan! Bismillah, tetep bisa kasih kehidupan buat blog ini. Hanya saja, memang blog ini lebih ke sharing personal ataupun hal-hal yang tidak berseri. Kalo berseri, butuh bahasan banyak, saya letakkan di emakeksis. Meski blog ini juga secara DA masih terseok-seok, tapi saya tetappp cintaaaa πŸ˜€

Bahkan suatu hari saya sempat pesan ke anak-anak saya, suatu saat kalo saya udah tua atau gak ada pun, saya minta tolong supaya blog ini tetap ada, karena disini banyak cerita tentang mereka juga, yang bisa mereka baca lagi saat mereka dewasa dan berkeluarga nanti.

So, para pembaca yang budiman, terimakasih udah tetap setia nengok-nengok di blog ini, dann mampir juga yuk ke emakeksis πŸ™‚

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *