Parenting

Pengalaman Melahirkan Kedua

Melahirkan yang kedua ini cukup berbeda prosesnya dari melahirkan yang pertama.  Itu mungkin kali ya, yang membuat setiap anak itu punya ‘karakter special’ yang berbeda-beda., karena mulai dari kehamilan hingga proses melahirkannya punya keunikan masing-masing.

1. Selasa, 8 November 2011, dari pagi sekitar jam 7.30, mulai terjadi kontraksi. Bahkan di kehamilan kedua ini kerap terjadi kontraksi palsu saat kehamilan masuk trimester ketiga. Kontraksi yang terjadi di selasa pagi itu berlangsung terus menerus hingga siang, dan sore harinya. Tentunya dengan kerapatan jarak yang makin dekat.

2. Menjelang Maghrib, kontraksi makin dekat jaraknya, dan kekuatannya pun terasa bertambah.

3. Selepas Sholat Isya, saat saya rebahan di tempat tidur, tiba-tiba terasa dan terdengar bunyi seperti ada yang pecah. Dan benar Mom, ternyata ketuban pecah. Dan saat itu juga, saya langsung ke rumah sakit, karena ketika ketuban pecah memang seharusnya kita bersegera ke klinik untuk mengantisipasi habisnya air ketuban.

4. Sesampai di rumah sakit dan dicek perawat yang bertugas, belum terjadi pembukaan sama sekali, berbeda dengan proses melahirkan pertama yang sudah pembukaan 1 serta keluar flek darah.

5. Sambil terus diobservasi, saya berada di kamar ditemani mama, mertua, adik ipar, budhe, tante, ponakan, dan juga anak pertama saya. Wiiii rame yaa? Hehe. Secara suami tidak bisa menemani proses melahirkan yang kedua ini, justru yang nemenin satu rombongan, hehehe.

6. Hingga jam 12 malem, saat diobservasi lagi, ternyata belum ada bukaan sama sekali. Padahal kontraksinya udah kenceng banget tuh.

7. Jam 2 pagi, kontraksinya maaaakkinnnnnn rapatttt, dan setelah dicek ternyata sudah bukaan 5. Pada saat inilah, ternyata lendir sudah keluar. Dan seperti pada proses melahirkan yang pertama, setelah masuk bukaan 5 ini, saya dibawa ke kamar bersalin. Sekitar jam 3.45 pagi, bukaan sudah lengkap.

8. Jam 4.10, Alhamdulillah lahirlah putri cantik saya yang kedua, Shaheera Saddha (Sasha).

Kata orang-orang, “wah udah lengkap nie, sepasang, cowok-cewek”. Mmm… tapi kalo liat bayi kok selalu gemezzz ya? Hehehehe…

Istantina atau lebih dikenal sebagai innaistantina, A Lifestyle Blogger asal Jogjakarta. Selain menulis, motret & yoga adalah hobby yang digelutinya. Kenali lebih dekat melalui IG: @innaistantina