Blogging & Writing

Mudahnya Jadi Blogger Profesional Bersama DomaiNesia

Blogging is my lifestyle.

Inilah yang menghiasi hari-hari saya sejak beberapa bulan terakhir. Menyenangkan, karena mengerjakan sesuatu yang merupakan hobby saya. Kadang bikin deg-deg-an juga saat target review mendekati limitnya, sementara ide saja belum muncul.

Memilih resign dari kantor beberapa bulan lalu, sempat membuat saya bertanya-tanya, mau ngapain ini? Berbisnis? Tentunya melamar pekerjaan di beda kantor, sudah bukan pilihan lagi. Melihat teman-teman di sosial media, yang rajin update status tentang aktivitas ke-blogger-an mereka, kok bikin mupeng ya?

Apakah saya perlu ngeblog seperti dulu? Sementara saya juga tengah asyik belajar 1 bidang bisnis, yaitu saham, yang menurut saya waktunya pun sangat fleksibel. Tetap bisa saya kerjakan di rumah, saat anak-anak sedang bersekolah. Ataukah saya berjuang mengembalikan semangat ngeblog yang sepertinya semacam lenyap ditelan jaman 😀

Comeback ke dunia ngeblog, jujur saja, butuh energi dan effort luar biasa, terutama membangkitkan kemauan menulis dan mengeksekusi ide menjadi sebuah postingan di blog. Saat off ngeblog, sempat juga sih terpikir untuk tidak melanjutkan domain ini, tapi kok rasanya sayang banget kalau tidak saya perpanjang. Domain usia tahunan, mosok saya lepas? Pakai nama saya pula.

Domain di blog ini sudah berusia 7 tahun, artinya beraneka jenis genre tulisan yang saya tulis dan ratusan artikel berjubelan di dalam blog. Memutuskan untuk menggunakan platform wordpress, tentulah harus ada komitmen untuk membayar hosting, karena gak bisa gratisan Bung! Beda kalo kita memilih untuk menggunakan blogspot, cukup domainnya saja, hosting gratis.

Dengan makin banyaknya artikel, tentu muatan foto makinlah banyak. Sebagai blogger yang memutuskan untuk menjadi seorang profesional di bidang ini, tentu saja makin banyak review baik produk ataupun jasa yang perlu saya kerjakan, serta makin meningkatnya kunjungan traffic ke blog. Tentu saja hal ini membuat kapasitas hosting wajib ditambah. 

Apa itu Domain & Hosting?

Eh sebentar-sebentar, dari tadi saya nyerocos tentang Domain dan Hosting. Tapi sudah pada tau belum? Domain itu apa? Hosting itu apa?

Nah, saya memahami Domain & Hosting ini dengan sangat sederhana. Kalo suruh jelasin ala-ala orang IT, jelas saya nyerah! Hahaha! Saya jelasin sesuai dengan apa yang saya alami dan kerjakan selama ini saja ya?

Ok gini gini. Domain ini ibaratkan alamat rumah. Misal kita mau pergi ke rumah teman kita, terus kita tanya nih alamatnya. Nah detail alamat rumah kita inilah yang akhirnya kita datangi kan? Sama seperti dunia blogging, saat kita memperkenalkan diri kita di komunitas blogger, otomatis kita mengenalkan juga nama Domain kita. Pastikan ketik dan sebutkan dengan benar, supaya orang yang mau mampir ke blog kita, gak nyasar.

Ok, kalo Domain itu alamat rumahnya, kalo Hosting apa? Ok, hosting ini adalah RUMAHnya itu sendiri. Bayangkan 1 rumah petak dengan tipe 1 kamar. Suatu saat, si pemilik rumah punya anak, dan si anak ini makin besar dan besar. Tentu butuh kamar baru, dong? Jadi diperluaslah rumahnya dengan menambah 1 kamar baru untuk si anak.

Itulah hosting, semacam wadah dari apa saja yang kita tulis dan upload di dalam blog. Makin banyak yang kita upload, makin besarlah hosting yang dibutuhkan. Kecuali untuk hosting yang gratis, tentu ini bukan sebuah masalah.

Gratis atau Berbayar?

Domain dan hosting juga ada yang gratis & berbayar. Perhatikan 3 kategori ini, sebelum memilih domain & hosting:

A. Domain Gratis, Hosting Gratis

Cocok banget nih buat yang pertama kali pengen ngeblog, dan belajar serba-serbi dunia menulis online. Ada 2 platform terkenal yang paling sering digunakan, yaitu Blogspot & WordPress. Dulu waktu awal ngeblog, saya juga punya keduanya. Berhubung ini gratisan semua, jadi nama blog tidak begitu personal, karena tetap berakhiran blogspot ataupun wordpress. Misalnya seperti www.innapoer.blogspot.com atau www.innapoer.wordpress.com. Silahkan googling untuk cari tau gimana cara membuat blog dengan kedua platform tersebut. Pelajari dan pilih mana yang paling cocok. Karena ada sebagian yang lebih nyaman menggunakan wordpress, ada pula yang lebih suka dengan blogspot.

B. Domain Berbayar, Hosting Gratis

Ini adalah pilihan, untuk yang pengen mulai serius ngeblog atau pengen juga mendapatkan pekerjaan review di blog. Eh lumayan loh, minimal 100 ribu rupiah bisa kita dapatkan dengan menulis sponsored review untuk 1 produk/ jasa. Bahkan untuk blog-blog yang sudah kuat dan terkenal, bisa lebih dari itu. Bikin mupeng kan? Nah itu dia, permasalahannya, blog-blog yang seringkali menjadi bidikan para pemasang iklan, adalah blog dengan TLD. Top Level Domain, artinya domain wajib berbayar. Kalo hostingnya boleh kok tetap pakai hosting gratisan di blogspot. Nah asyik kan, tetap bisa jadi blogger profesional, mendapat job bertubi-tubi, dengan hanya bayar perpanjangan domain saja tiap tahunnya.

C. Domain & Hosting Berbayar

Seperti halnya blog saya ini, menggunakan domain dan hosting yang sama-sama berbayar. Ya, secara sudah nyaman menggunakan paltform wordpress dari awal, kesengsem sama fitur-fiturnya, naksir template-templatenya, inilah yang membuat saya mantap memilih domain dan hosting berbayar. Mahal gak? Kalo itu kembali lagi sih, gimana kita bisa memperdayakan blog kita. Misal nih, setahun bayar domain + hosting, 300-500 ribu rupiah. Tapi perbulan kita bisa dapet penghasilan minimal 500ribu saja dari ngeblog, sudah bisa bayar perpanjangan domain & hosting kan?

Apa Saja Tips Memilih Domain & Hosting?

Pengalaman beberapa tahun ini aktif di dunia blogging, membuat saya sangat hati-hati memilih layanan penyedia domain & hosting, dengan melihat 2 faktor utama berikut ini:

  1. Pastinya yang credible itu wajib. Credible itu seperti apa? Bisa kita cek di forum-forum online tentang layanan yang pengen kita pakai, apa saja review dari para pemakainya. Cek juga dengan mengunjungi beberapa blog/ website yang sudah terdaftar, terbilang bagus gak kecepatan aksesnya, ada kendala lemot gak, dan sering error gak servernya ketika diakses. Bakalan repot, kalo kita pilih domain & hosting sembarangan, misal suatu saat klien yang pengen pasang iklan ngecek blog kita, ternyata gak bisa akses, kan rugi banget kitanya!
  2. Customer Supportnya cepat tanggap! Ini juga faktor yang perlu kita pertimbangkan. Terutama macam saya nih, IRT yang merangkap blogger dan gak mudeng-mudeng banget tentang hal kode-kode pemrograman di dalam sebuah web. Otomatis ketika sewaktu-waktu terjadi error karena salah pasang template/ widget, ada tim teknis yang siap membantu menyelesaikan masalah.

Beberapa bulan membangun blog ini kembali, Alhamdulillah pekerjaan review kembali berdatangan, lalu saya membangun 1 blog lagi dengan niche food & travelling, dengan target 3-6 bulan kedepan, sudah mulai bisa menghasilkan seperti blog ini.

Ini nih, ngeblog emang bikin keranjingan. Setelah membangun 1, pengen bangun 1 lagi dan lagi. Untuk itulah, saya juga perlu referensi layanan domain & hosting terpercaya selain yang sudah saya pakai selama ini. Puas kok dengan layanan yang ada sekarang, tapi saya tuh orangnya suka mupeng kalo ada tetangga sebelah yang gak kalah bagus.

Setelah survey & searching kesana kemari, saya naksir dengan layanan yang ada di DomaiNesia. Dari namanya saja, sudah jelas banget kan ya, ini tempat jualan Domain & Hosting, bukan jualan baju ataupun hijab 😀

Masuk ke website DomaiNesia, sudah langsung keliatan, kalo ini memudahkan siapa saja yang pengen order layanan hosting maupun domain. Tinggal kita ketik saja nama domain yang kita inginkan, langsung muncul ketersediaan domain dan juga harganya. Eh, untuk harga, terbilang yang cukup murah juga loh! Hyaaa bikin makin mupeng lah.

Apalagi dengan testimoni dari para pemakainya ini, bikin saya makin mantap, untuk domain dan hosting di blog selanjutnya, bisa nih pilih DomaiNesia!

Kita juga bisa menyesuaikan budget dengan belanja domain di DomaiNesia ini, mau pakai hosting gratisan ataupun berbayar, juga tersedia. Fasilitas domain forwarding juga tersedia. Bisa dibilang, komplit, paket lengkap untuk siapapun yang pengen menekuni dunia blogging secara profesional. Yang pengen tau lebih banyak tentang DomaiNesia bisa nih langsung kepoin webnya di https://www.domainesia.com atau melalui instagramnya di https://www.instagram.com/domainesia.

Untuk jadi seorang blogger profesional,  setelah domain &  hostingnya siap, maka tidak berhenti sampai disitu saja. Tapi juga butuh komitmen kuat dari si blogger itu sendiri. Seberapa rajin posting di blog, serta kemauan untuk terus belajar dan update ilmu tentang blog yang pastinya terus berkembang dari waktu ke waktu.

Iya, menjadi seorang blogger profesional, kita butuh dukungan para penyedia layanan domain & hosting yang mudah & profesional, supaya aktivitas ngeblog tetap lancar jayaaaa dan aman sentosa!

Terimakasih sudah berkunjung dan komen di blog ini, komen akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum tampil :)

57 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *