Parenting

Mengasah Bakat Anak, Sudahkah?

Saya kok sedih ya, kalo liat anak-anak jaman sekarang terbebani dengan aneka macam pelajaran di sekolah. Yang faktanya memang, dari tahun ke tahun anak-anak sekolah khususnya di Indonesia, makin punya waktu sedikit untuk meng*eksplore* apa minat & bakatnya, serta kesempatan (waktu) untuk mengembangkan apa yang disukainya

Kalo saya masuk dalam aliran, *nrimo*, yaaa sud lah, memang seperti ini kondisi pendidikan di negara kita tercinta ini. Pilihannya kan, kita mau sekolahin anak secara homeschooling atau tetap bersekolah di sekolah seperti biasa. *Nrimo* disini bukan pasrah apa adanya ya, justru sebagai orang tua kita juga wajib untuk jadi *cerdas*, mendampingi anak-anak berproses *mengentalkan* apa yang sebenernya menjadi kemampuan dasarnya. Karena pastinya tiap anak berbeda-beda

Alih-alih stres ataupun koar-koar karena sistem pendidikan belum bisa bersahabat dengan tumbuh kembang anak, gimana kalo kita alihkan saja fokus kita, untuk lebih mencari tau sedini mungkin, apa yaaaa minat & bakat anak kita. Apa jangan-jangan selama ini kita sudah tau? Tapi semuanya gugur atas dalih, “Ah uda sibuk di sekolah, gak sempet ambil les atau kursus?” atau alasan klasik lainnya seperti “Mahal loh Mbak, kalo mau ikutin anak di les bakat gitu”

Alasan Sibuk di Sekolah?

Iya memang, kita gak bisa tutup mata, beberapa sekolah memang sudah pulang sekolah lebih dari jam 1 siang, dan bisa jadi anak uda terlalu capek untuk ikut les after school. Eittss, tapi kalo anak memang suka dengan apa yang dikerjakan, les sesuai bakatnya ini justru sesuatu yang dia tunggu-tunggu banget loh. Ical, anak saya yang besar, pulang sekolah hampir jam 14.30, dan tiap Kamis ada les musik jam 16.00, which is ini mruputtttt waktunya. Sampe rumah, istirahat sambil nonton tv atau makan cemilan, mandi, terus berangkat les. Dan momen les seminggu sekali ini, adalah momen yang selalu Ical tunggu-tunggu. Begitu pula dengan Sasha, adeknya, yang sama excitednya. Saya & suami juga kadang ampe heran, ini anak-anak gak pada punya capek apa ya? Meski uda di sekolah dari pagi, sorenya tetap saja semangat buat ikutan les

Nah ini dia, pernah gak perhatikan, kalo anak-anak kita kok sepertinya gak pernah capek ya? Soooo, daripada sampe rumah juga ujung-ujungnya nge-game, lebih baik kita kasih kegiatan yang lebih bermanfaat buat masa depannya

 

Alasan Budget?

Okey, ini bolehlah jadi alasan utama buat beberapa orang tua yang akhirnya mundur teratur untuk mendaftarkan anak ke les yang sesuai dengan minat & bakat anak. Karena memang nyatanya, memang cukup m.a.h.a.l bok! Kalo saya & suami, memang uda niatin banget dari awal kita nikah, bahwa LIFESKILL itu  penting banget buat anak-anak. School is not enough. Mereka butuh diasah diluar. Jadiiiii, konsekuensinya, kami juga sempat menunda punya rumah sendiri, kami menunda mau jalan-jalan lebih sering atau lebih jauh ke luar negeri misalnya, kami juga menunda kepengenan ganti gadget ini itu, kecuali emang bener-bener butuh. Dannnn banyak lagi konsekuensi lainya. Semua demi anak-anak, Supaya mereka punya bekal di luar bangku sekolah

Di Jogja sendiri, sebenernya ada beberapa tempat les minat & bakat anak, yang harganya cukup terjangkau, bahkan pemerintah kota juga menyediakan yang gratis. Iya GRATIS! Ada menyanyi, melukis, biola, dll. Buat yang ada di kota lain, boleh searching komunitas minat & bakat juga loh! Niatin aja dulu, pasti ada jalannya

Buat saya & suami, yang penting anak-anak enjoy, supaya otak kanan dan otak kiri seimbang. Supaya hidup juga seimbang, gak meluluuuu mikir tugas sekolah, gak terus-terusan mikir pelajaran di sekolah. Because the real is, 90% persen pelajaran tentang HIDUP ya adanya di luar jam sekolah

Di postingan berikutnya, saya akan lebih bahas tentang cara gimana mengidentifikasi apa sebenernya bakat & minat anak kita, dan kapan itu munculnya? Keep stay tune! 🙂

Istantina atau lebih dikenal sebagai innaistantina, A Lifestyle Blogger asal Jogjakarta. Selain menulis, motret & yoga adalah hobby yang digelutinya. Kenali lebih dekat melalui IG: @innaistantina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *