Blogging & Writing

Galau? Sudahlah Menulis Saja!

“Nulis tiap hari? Gilak apa?”

“Ikut tantangan nulis tiap hari? Enggak lah!”

Ini nih yang beberapa kali saya temukan ketika diskusi dengan teman yang juga sama-sama punya hobby menulis ataupun ngeblog. Karena nyatanya memang, menjaga konsistensi menulis tiap hari itu luar biasa banget!

Mulai dari mencari ide hingga mengeksekusi menjadi tulisan, sepertinya mudah di depan. Tapi ketika kita jalankan, butuh effort yang gak sedikit. Bahkan tidak jarang, butuh pengorbanan juga. Wih, pengorbanan apa? Utamanya itu adalah pengorbanan waktu. Yak, menyisihkan 1-2 jam atau malah bisa sampai 3 jam sehari untuk fokus menulis itu, nyatanya gak gampang bro!

Padahal kalo dipikir-pikir, kita punya 24 jam sehari, tapi kenapa rasanya kadang susah ya buat tetep nulis tiap hari? Saya juga awalnya mikir seperti itu sih, in fact sampai hari ini pun begitu. Meskipun kadang ada bolong 1-3 hari, tapi saya berusaha membayarnya. Misal, bolong 2 hari, maka saya penuhi 2 tulisan tersebut di pagi dan sore di hari yang sama.

Sebegitunyakah? Memang apa manfaatnya? Wong secara duit juga belum terasa banget dari dunia menulis ini, ngapain ngoyo sih? Dan gak ada tangung jawab ke siapapun kan dengan nulis tiap hari ini Na?

Ok, ok, jadi gini meski nulis juga sebagian besar di blog ini, tapi tetap buat saya pribadi saya jadikan sebagai habit, yang saya yakin, pasti punya manfaat baik sekarang ataupun nanti. Kalo kata orang, saya ini kebanyakan energi! Alias kakean polah, hahaha! Bisa jadi bener adanya, karena kadang dengan segambreng aktivitas sehari-hari. Masih saja, nyari tambahan aktivitas lainnya.

Manfaat Menulis Tiap Hari Secara Psikologis

Nah daripada aktivitas lainnya itu cuma nonton youtube atau tv cable atau tanpa sadar berjam-jam scrolling media massa, mending saya alihkan buat menulis ataupun aktivitas lain untuk membangun blog dan juga vlog. Kenapa sampai segini saya perjuangkan untuk terus konsisten menulis tiap hari? Ini nih, alasan utamanya!

Menemukan Jalan Keluar

Menulis di blog ini sebenarnya gak jauh beda dengan kita yang sudah terbiasa nulis diary. Sama kok, hanya beda media. Cara menuangkannya pun boleh dengan cara sama, boleh dengan gaya bahasa berbeda. Sering kali, solusi sebuah permasalahan yang saya hadapi, bisa teratasi ketika sedang menulis. Jadi semacam sering menemukan AHA momentum di tengah menulis.

Obat Terbaik

Jaman lulus SMP ketika Bapak meninggal dan menghadapi kekecewaan super besar, saat itu saya aktif menulis novel yang belum pernah terbit. Jaman SMA hingga kuliah, juga berhadapan dengan makin rutinnya menulis diary, di saat kalut. Ajaibnya, dengan menulis ini saya seperti menemukan obat terbaik penghalau galau!

Melatih Rasa Bersyukur

Dengan rutin menulis tiap hari, maka sebenarnya kita sedang melatih rasa bersyukur dengan apa yang kita dapatkan di hari kita menulis ataupun di hari-hari sebelumnya.

Tempat Intropeksi Diri

Menulis buat saya, juga sebagai bahan intropeksi diri terbaik. Baik itu dari sisi apa yang sudah saya lakukan di masa lalu dan masa sekarang, apa yang salah, apa yang perlu diperbaiki, apa yang sudah baik dan sebaiknya dilanjutkan secara konsisten. Ya, seperti proses menulis ini, yang ternyata banyak hal secara psikologis bisa membangun diri saya lebih baik.

Menemukan Kembali Semangat & Kepercayaan Diri

Menulis berhasil membantu saya di saat-saat terpuruk dan juga kehilangan kepercayaan diri. Entah kebetulan atau tidak, dengan menulis, membuat saya jadi lebih terdongkrak semangat serta memunculkan ide-ide segar, yang tanpa sengaja ini juga sekaligus membangkitkan kepercayaan diri. Ada yang mengalami hal seperti ini jugakah?

 

Apakah Hanya Dengan Menulis Saja?

Segala lini dunia seni dan kreatif, sebenarnya kita mendapatkan manfaat dari sisi psikologis. Menulis adalah salah satunya. Buat sebagian lain, mungkin dengan melukis atau bisa memproduksi video-video tertentu. Buat saya, sementara menulislah yang terbaik. Meski saya juga mulai membangun vlog, tapi vlog lebih ke sarana informasi, sementara menulis di blog ini segala hal lebih mudah tertuangkan. Alias menulis terutama di blog itu adalah tempat curcol terbaik! πŸ˜€

Istantina atau lebih dikenal sebagai innaistantina, A Lifestyle Blogger asal Jogjakarta. Selain menulis, motret & yoga adalah hobby yang digelutinya. Kenali lebih dekat melalui IG: @innaistantina

22 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *