Les Apa yang Sesuai untuk Anak Usia 5 Tahun?

Di suatu siang di pinggir kolam renang…

“Mbak, masukin anakny ke les s*mpoa gak?”

“Enggak tuh mbk”, jawab saya

“K*mon?”, tanya ibu 2 anak itu lagi

“Enggak juga mbk”, jawab saya dgn jawaban sama.

“Ibu-ibu di sekolah lagi pada heboh ngelesin anak2ny s*mpoa ama k*mon loh mbk”

*terus guwehhh mesti bilang Wooww gituhhh* hehe, enggak lah pastinya, itu cuma dalam hati aja, respon yang benernya kek gini:

“Oh ya mbk, semuanya memangnya mbk ikutan?”, tanya saya balik

“Enggak sih mbk, tapi banyak”, jawabnya sambil membenarkan posisi dudukny.

Perbincangan ini terjadi beberapa hari lalu antara saya dengan mamanya Irsyad dan Rayyan saat kami nganter anak-anak kami les renang.  Anak-anak kami juga sama-sama bersekolah di BMD 2 Pandean Sari, dan sempat satu kelas di TKA dulu, dan sejak TK kecil itu juga sama-sama tergabung di tim drumband BMD  Pandean Sari.

Gak nyangka, ternyata konsep yang saya & suami anut sevisi juga dengan mbak tiwi ini. Masa anak adalah masa bermain, maka les atau kursus untuk anak-anak pun yang serba bermain, seperti renang ini dan musik.  Bahkan Ical sendiri sudah pintar memilih, suatu hari sepulang sekolah kami sempet ngobrol tentang les apa yang mau Ical ikut. Begini komentar Ical: “Bunda, les itu yang di sekolah gak ada, kalo di sekolah uda diajarin gak usah les”. Nahh lohhhhh???? Hehehehe.

Saat ini untuk kegiatan Ical di luar sekolah, yang utama adalah “ngaji” baik itu sama saya/ eyangnya atau TPA di musholla deket rumah. Kemudian berenang seminggu sekali (ini anaknya juga kepengennya tiap hari, hehe), kemudian les di yamaha music seminggu sekali. Selebihnya waktunya bermain sepeda, balok, corat coret, main imaginasi profesi chef, montir, dll, yang Ical paling suka.

Memang bener juga ya, kita aja yang dewasa kalo terpaksa menjalankan sesuatu yang sebenernya kita gak pilih, pasti gak bakalan enjoy kan? Sama aja ama anak usia TK yang tahap kritisnya terbentuk, maka ia pun bisa memilih mana yang sesuai dan tidak untuknya. Kita sebagai orang tua hanya mem”fasilitasi” & memberikan “pandangan” serta ber”diskusi” dari hati ke hati.

Kalo menurut Anda, les atau kursus apa yang cocok untuk Anak usia 5 tahun?




coded by nessus

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *