Lebaran, Harus (Perlu) Baju Baru?

“Baju baru, Alhamdulillah
Tuk dipake di hari raya
Tak ada pun, tak apa-apa
Masih ada baju yang lama”

Buat generasi 90-an, pasti tau banget lirik lagu barusan ya? Dan selama ini, gimana kita bisa aplikasikan dalam kehidupan kita? Meski nih ya, misal kita memang sudah hidup cukup berlimpah, gaji lumayan, THR juga meluncur tepat waktu, godaan untuk beli baju baru apa kabarnya?

Sejak beberapa tahun terakhir ini, saya & suami memang tidak lagi membiasakan membeli baju baru saat lebaran tiba atau juga saat kenaikan kelas buat anak-anak misalnya. Beli baju itu ya kalo memang butuh, misal sudah rusak, atau gak muat!

Membiasakan hal ini ternyata gampang-gampang susah, awalnya yaaa masih tergoda buat ikutan beli, at least saya sama suami gak usah, tapi tetep beli buat anak-anak. Tapi makin kesini, malah anak-anak sendiri  enggak mau sendiri. Si Kakak bilang: “Bun, nanti aku lebaran pake koko yang biasa kupake ke sekolah aja”. Terus si Adek ikut nimbrung dengen ngeluarin baju di lemarinya, “Kalo aku, pake ini aja ya Bun, masih bagus kok bajunya”

Alhamdulillah. Nyesss gitu rasanya. Bukan karena harus keluar budget buat beli baju, tapi karena melihat bahwa apa yang kita teladankan sebagai orang tua, yaaaa itu yang terserap oleh anak-anak kita. Otomatis tanpa diminta atau disuruhkan mereka lakukan dengan suka hati

Dannnn inilah, foto lebaran keluarga kami, dengan baju stok lama. Yang terbaru baju Sasha, si adek, yang saya belikan waktu ada acara latihan Manasik di sekolah beberapa bulan lalu, karena memang gak punya baju putih sama sekali, maka barulah beli yang baru. Baju Ical, si kakak, ini uda sekitar 2-3 tahunan dipake, bahkan sering dipake juga ke sekolah saat jadwal memakai baju muslim. Kaftan yang saya pakai, beli sekitar 1-2 tahun lalu. Baju suami nih yang rekor banget, belinya menjelang pengajian pernikahan kami 12 tahun lalu. Lah kalo baju pengajian jelang pernikahan saya, mana masih muattt? #nangiskejer




coded by nessus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *