Product Review

Ini Nih, Konsep Yang Perlu Investor Pahami!

Dulu jaman-jaman masih sekolah dan kuliah, denger kata investor, itu seperti sesuatu hal yang tinggi dan gak terjangkau banget. Seiring berjalannya waktu, banyak baca, banyak analisa, akhirnya saya pun mulai mengerti bahwa siapapun punya kesempatan untuk menjadi investor. Ya, sebuah profesi yang bisa dibilang terlihat menggiurkan. Semacam cukup menanamkan modal dengan jumlah tertentu, lalu seorang investor mendapatkan penghasilan. Tapi apakah demikian? Apakah proses sebuah investasi itu sedemikian mudahnya seperti kebanyakan orang pikir?Β Cukup ongkang-ongkang kaki terus dapet duit?

Pandangan umum yang terjadi bahwa seorang investor itu tidak perlu menggunakan banyak waktu dan tenaganya untuk bekerja dan menghasilkan pendapatan. Hal ini tak lepas dari aktivitas investasi yang dijalankannya dimana aktivitas tersebut memberikan passive income tanpa perlu mengorbankan waktu dan tenaga sama sekali.

Di lapangan, seperti hal bidang apapun yang kita tekuni, investasi juga perlu ilmu yang cukup, bahkan memperbanyak jam terbang supaya kita makin lihai dalam berinvestasi. Dalam prakteknya, investasi juga perlu memperhatikan konsep-konsep berikut ini:

pic: rawpixel(dot)com

High Risk High Return

Konsep utama yang harus dipahami oleh seorang investor adalah high risk high return. Konsep investasi ini berarti semakin tinggi return yang kita dapatkan maka akan semakin tinggi pula potensi risiko yang akan hadapi. Konsep ini sangat penting untuk dipahami agar seorang investor bisa lebih berhati-hati dalam memilih skema investasi. Gak bisa dipungkiri, kalo saat ini ada beragam skema investasi yang menjanjikan opsi investasi dengan risiko sangat rendah dan ada pula yang menjanjikan investasi dengan risiko yang tinggi. Semuanya, bisa kita pilih sesuai keinginan dan bagaimana cara mengolah investasi tersebut hingga menguntungkan.

Bisnis Itu Tidak Selalu Investasi

Dunia bisnis dan investasi mungkin sekilas mirip dan sama. Namun, ada perbedaan besar yang membedakan antara bisnis dan investasi. Hal ini terlihat dari peran kita sebagai pebisnis atau investor. Pebisnis umumnya akan terjun langsung dan mengolah uang yang telah diinvestasikan hingga menghasilkan keuntungan. Proses ini mengorbankan waktu dan tenaga hingga bisa menghasilkan pendapatan. Sementara itu, investor bekerja dengan menanamkan modal dan membiarkan uang yang diinvestasikan menghasilkan passive income dengan sendirinya.

Financial Freedom Itu Memungkinkan

Setiap investor tentu mengincar passive income dari kegiatan investasi yang dijalaninya. Passive income bisa didapat dan bahkan bisa memenuhi kebutuhan hidup setiap bulannya. Dengan kebutuhan yang telah terpenuhi, maka secara tidak langsung telah tercapai kondisi financial freedom dan tidak perlu lagi bekerja untuk menjalani kehidupan.

Konsep ini perlu kita tanamkan saat baru berinvestasi agar bisa menjadi investor yang sukses dikemudian hari. Memutuskan menjadi seorang investor, tentu butuh proses belajar yang tidak singkat, tapi menjalaninya dengan komitmen kuat, maka passive income bukan hanya sekedar impian, tapi bisa menjadi suatu kenyataan yang luar biasa indah dalam kehidupan seseorang.

Istantina atau lebih dikenal sebagai innaistantina, A Lifestyle Blogger asal Jogjakarta. Selain menulis, motret & yoga adalah hobby yang digelutinya. Kenali lebih dekat melalui IG: @innaistantina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *