Lifestyle

Ini Cara Sehat Ala Inna

Yang sudah beberapa menclok ke blog ini, pasti udah tahu kalau si pemilik blog, alias saya yang rendah hati dan cantik jelita ini (siap-siap ditimpuk), suka banget sama yang namanya yoga.

Olahraga yang sepertinya pelan banget ini, ternyata bokkkk, gembroyos. Dengan body aduhai alias berat badan cukuplah berlebih macam saya, melakukan olahraga seperti yoga adalah sebuah tantangan tersendiri. Badan sendiri kan ya yang jadi bebannya. Jadilah tahu bagaimana beratnya, belum lagi harus tetap menjaga keseimbangan.

Yes, yoga adalah cara saya menjaga kebugaran tubuh untuk tetap fit dan sehat. Usia 38 nih februari tahun depan, otomatis lah butuh menjaga kesehatan. Dulu mah usia 20 tahunan, gak olahraga pun badan gak masalah, tapi begitu masuk 30, 35an, kok ya rasanya badan macam remuk kalau gak dibantu olahraga.

Mengapa saya memilih yoga? Karena saya suka sesuatu yang serba filosofis. Yoga adalah salah satu olahraga yang punya filosofi mendalam. Tiap gerakannya itu ada maknanya, meski hanya stretching ngulur tangan atau kaki, itu ada ngaruh ke organ tubuh tertentu. Maaf saya gak hapal, meski udah berkali-kali dijelasin sama instruktur yoga saya ketika latihan, wkwkwk. Intinya mah tiap gerakannya, dari mulai yang sederhana sampai yang pentalitan, itu punya maksud dan tujuan untuk menyehatkan tubuh.

Sejak yoga pun, badan lebih segar, dan energi berasa lebih berlipat-lipat, jarang flu, jarang esmosian juga, hahaha.

Selain yoga, saya berusaha untuk tidur maksimal jam 11 malam. Karena jam 11 malam adalah saat segala proses detoksifikasi dimulai. And you know what, organ-organ baru ada melakukan proses detoksifikasi dan regenerasi sel tubuh itu ketika kita tidurrr! Jadi misal kita lewatin jam 11 malam tidurnya, otomatis beberapa organ tidak terdetoks dengan maksimal. Gituuuhhh ceritanya!

Lagian dulu ya, saya jaman SMA sampai kuliah, suka begadangan tapi aman-aman aja tuh, bangun Subuh badan tetep oke. Sejak masuk usia 30tahun, duhh makkk, tobatttt! Kudu bener-bener ikuti aturan jam tidur yang bener. Kalau ampe begadangan nih, bangun pagi langsung luluh lantak gak karu-karuan.

Ok yoga udah, tidur juga udah mulai teratur. Yang belum terlaksana dengan baik itu adalah POLA MAKAN! Dari mulai food combining, keto, dan aneka pola makan udah pernah saya coba, tapiii belum ada yang bisa konsisten nihhh, help helpppp! Jadi jangan heran, meski yoga tetep lah kechubbyan ini masih melekat di diriku, ahihihihiii.

Ada yang punya saran mungkin, pola makan yang pernah dijalani dan it worksss bisa buat melangsing dan mempesonahhhh 🙂

 

Istantina atau lebih dikenal sebagai innaistantina, A Lifestyle Blogger asal Jogjakarta. Selain menulis, motret & yoga adalah hobby yang digelutinya. Kenali lebih dekat melalui IG: @innaistantina

One Comment

  • Reyne Raea

    Mbaakk, kukepo abis sama Yoga, beneran nih mbak, Yoga tuh olahraga yang pelan tapi lebih mengena, dan karena pelan minim efek samping.

    Kalau yoga manual otodidak itu bisa gak ya? pengen banget tapi gak punya waktu tanpa digondolin si bayi hiks.

    Saya juga waktu tidur yang sulit nih, secaraaaa ada bayi hiks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *