Blogging & Writing

Ide Nulis Tiap Hari? Kenali Karakter Diri Sendiri Dulu, Yuk!

Pagi ini, sebenarnya masih blank mau nulis tentang apa ya? Secara sejak rutin menulis tiap hari, rasa-rasanya kalau terlewat 1-2 hari aja, macam makan sayur tanpa garam. Nyoba blogwalking kesana kemari cari ide, terus baca beberapa artikel online. Kok ya belum nemu yang klik.

Pas buka facebook, ada seorang teman yang komen di postingan saya beberapa hari lalu tentang kelulusan sebagai peserta kelas Non Fiksi komunitas ODOP (one day one post), setelah menulis kurang lebih selama 3 bulan berturut-turut, non stop, komitmen tiap hari harus ada tulisan fresh! Β Teman saya ini menanyakan, gimana cari ide supaya bisa nulis tiap hari?

Mmm, daripada dibales di komen dan panjang banget kan jawabannya, mending saya tulis disini aja ya, pas banget pula, lagi butuh ide nulis, dapet ide nulis dari komentar di sosmed, ditambah saya juga belum pernah nulis tentang tema ini.

Jadi jadi, sewaktu saya daftar ODOP pun, awalnya gak yakin, bisa gak ya, dapet ide buat tulisan yang berbeda. Tiap hari pulak! Setelah saya pelajari, ternyata ini ada kaitannya dengan karakter pada diri kita masing-masing, yang mengerucut pada 2 tipe mendasar, yaitu Spontan dan Planner.

Tipe Spontan

Yak, kalau tipe saya yang spontan, suka menemukan ide-ide secara spontan. Bisa dari mana saja, lagi duduk bengong, dapet ide, ya langsung tulis. Baru nyetir, di jalan ada kejadian menarik, terus ditulis. Baru browsing, ada artikel menggelitik, terus tulis aja biar gak langsung nguap.

Kelebihan Tipe Spontan:

  • mudah mendapatkan ide darimana saja, tidak terpaku pada satu sumber
  • mudah mengembangkan ide sederhana menjadi beberapa tulisan menarik

Kelemahan Tipe Spontan:

  • kadang lupa nulis ide segar di dalam memo/ note, terlalu sombong mengandalkan ingatan sendiri, padahal terbatas kan kuota otak menampung segala informasi πŸ™
  • random, nulis secara acak, tidak berurutan, lompat-lompat, sesuka hati

Tipe Planner

Ini adalah tipe yang bener-bener teratur. Semua tulisan ada rencana sebelumnya. Biasanya tertulis rapi di dalam note. Bahkan seringkali sudah ada tanggal kapan tulisan bakal tayang. Nah, saya juga pernah coba cara ini, tapi so for kok belum manjur, hahaha! Mungkin otak sudah terbiasa dengan hal random, kalo dikasih yang terjadwal malah semacam tersiksah!

Kelebihan Tipe Planner

  • ide tersimpan rapi, sehingga jarang mengalami istilah *gak ada ide nih buat nulis hari ini*, karena ide sudah dipersiapkan jauh hari sebelumnya
  • tulisannya juga lebih runtut, tertata dengan gaya bahasa apik yang detail rapi. Tipe ini keknya yang sering menang lomba blog deh, karena lomba biasanya butuh tulisan segar yang juga tertata. Ow pantes, tahunan jadi blogger, saya baru menang sekali doang, wkwkwk

Kekurangan Tipe Planner

  • karena terbiasa terencana, biasanya untuk menulis hal-hal spontan seringkali kurang mengalir
  • gaya biasanya juga biasanya lebih kaku karena fokus pada urutan dan sequence yang runtut

Sebenarnya, kalau tipe terlalu condong ke spontan atau planner aja, kurang bagus sih. Lebih bagus itu kalau kombinasi, jadi kita gabungkan kedua tipe tersebut untuk bisa memacu diri bisa nulis tiap hari.

 

Ide Menulis Tiap Hari, Dari Mana Saja?

Nah, setelah kita mengenali karakter kita, sebenarnya kalau dirangkum, artinya kita bisa melakukan hal-hal sebagai berikut supaya tetap bisa mendapatkan ide nulis tiap hari

1. Perbanyak eksplorasi sumber, mulai dari bacaan, tontonan, bahkan mendengar radio pun bisa jadi salah satu cara untuk kita mendapatkan ide menulis.

2. Perluas wawasan dengan banyak melakukan pengamatan di lingkungan sekitar. Biasakan tiap jalan-jalan atau pergi kemanapun, amati apa yang terjadi di sekitar. Disini adalah gudang untuk mendapatkan ide. Dari mulai cerita rutinitas mbok jamu di pasar hingga kehidupan para pegawai kantoran yang bisa jadi tampak menjemukan.

3. Sering ngobrol dengan beragam profesi dan background pendidikan. Dengan banyak melakukan perbincangan ini, maka sadar ataupun tanpa sadar, kita bisa mendapatkan banyak ilmu sekaligus informasi yang bisa kita bagikan melalui tulisan.

4. Kemanapun, selalu ingat dan perhatikan detailnya. Seperti misal, saat pergi ke rumah sakit, mall, tempat wisata atau fasilitas publik lainnya. Pelajari situasi yang terjadi, lalu tuliskan di blog. Karena jaman sekarang, orang sering mencari testimoni tentang produk ataupun jasa tertentu.

5. Terkesan atau kecewa dengan produk tertentu? Bagikan melalui tulisan, supaya pembaca juga bisa belajar kelebihan dan kekurangan suatu produk.

6. Blogwalking. Nah dengan rajin mengunjungi blog lain, kadang kita juga bisa menemukan ide. Lalu susun tulisan dengan gaya dan pengalaman kita sendiri, supaya taste originalnya tetap ada. Hindari copas-copas yes! Gak mutu tauk!

7. Punya hobby apa? Nulis? Olahraga? Jalan-jalan? Sokkk tulis aja, yakin pasti ada pembaca sesuai dengan apa hobby kita kok.

8. Buat pengelola blog, bisa juga dengan memberi tema tiap hari, supaya ada panduan ide menulis tiap hari.

9. Catat! Yes, ini juga saya sering kelupaan, untuk mencatat apapun ide segar yang saya temui. Padahal penting banget ini, untuk merekam dengan catatan kecil, sebagai guidance menulis berikutnya.

 

Yang terpenting dari ide menulis, sebenarnya terletak segimana kita bisa menjaga komitmen untuk terus nulis tiap hari. Percaya deh, latih aja terus tiap hari, minimal 1 bulan, pasti dijamin bakal ketagihan. Kalau meleng, latih lagi, terus dan terus.

Ya kalau saya pribadi, suatu saat pengen tuh ya, bikin buku solo yang WOW, meski itu bukan target utama sekarang, tapi tetep pengen lah nanti suatu hari bisa tercapai. Salah satu caranya, ya dengan menulis tiap hari, supaya terbiasa menterjemahkan ide menjadi tulisan-tulisan yang mengalir dan enak dibaca.

Gimana masih bingung, mau dapet ide nulis dari mana lagi meski udah ada tips diatas? Tenang, tarik nafas, lalu hembuskannnn perlahan. Percayalah, ide nulis itu sebanyak pasir di lautan dan seindah debur ombak di pantaiii *tsahhhh

ide menulis itu bisa darimana saja, terhampar bebas sebanyak pasir di lautan dan tersebar luas seperti debur ombak di pantai yang tiada habisnya -innaistantina-

Terus apalagi sih manfaat nulis di blog tiap hari? Ini masuk postingan berikutnya aja ya, udah panjang nih tulisan, 800an kata, pegel bokkk! Wkwkkwk

See you on next posting!

Istantina atau lebih dikenal sebagai innaistantina, A Lifestyle Blogger asal Jogjakarta. Selain menulis, motret & yoga adalah hobby yang digelutinya. Kenali lebih dekat melalui IG: @innaistantina

15 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *