Parenting

Cerdas & Sehat, Ciri Bunda Generasi Maju!

“Anak yang tampil percaya diri di Youtube, ini adalah salah satu ciri anak yang cukup bahkan kelebihan nutrisi. Yang artinya bahwa nutrisi yang baik juga berpengaruh pada bagaimana anak bisa sehat & tampil percaya diri”. Pernyataan dari dr. Eduardus Raditya Kusuma Putra, SpOG (Dokter Edo) dalam seminar di event Festival Bunda Generasi Maju persembahan SGM Bunda ini, tentu saja saya sangat sepakat.

Festival Bunda Generasi Maju, Jogja 28/04/2019

Pertama, karena Ical & Sasha, kedua anak saya ini, keduanya juga sedang merintis di ranah youtube, dengan gaya ceplas-ceplos mereka di depan kamera, khas anak-anak. Kedua, karena yang namanya percaya diri menjadi menjadi pondasi bagi generasi jaman sekarang dan mendatang untuk bisa menahlukkan aneka bidang dalam lini kehidupan.

Percaya diri, inilah yang disampaikan Dokter Edo berikutnya, adalah salah satu indikasi bahwa nutrisi tercukupi. Benarkah demikian? Begini logikanya, ketika anak sedari bayi mendapat nutrisi cukup, maka otomatis tumbuh kembang secara sehat, dan tidak bisa kita pungkiri bahwa sehat adalah modal utama untuk anak tetap aktif dalam kesehariannya. Sederhananya, gimana anak mau pede, gimana anak mau aktif, kalo nutrisi saja kurang? Disinilah Dokter Edo juga menambahkan, pentingnya nutrisi pada 1000 pertama bagi kehidupan anak di dalam kandungan.

Untuk itulah nutrisi buat anak sejak dini, memang sangat penting. Akan tetapi akan lebih penting dan signifikan ketika nutrisi sejak masih berupa janin di dalam kandungan sang Ibu, lebih diperhatikan. SGM Bunda, susu khusus ibu hamil & menyusui, hadir dengan kandungan maksimal, seperti minyak ikan untuk membantu perkembangan syaraf dan otak janin, kalsium & vitamin D untuk membantu proses pembentukan tulang pada janin, serta yang tidak kalah penting adalah zat besi untuk mencegah anemia, serta tentunya asam folat untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

SGM Bunda hadir dengan 3 varian rasa, yaituΒ Β jeruk, coklat dan strawberry. Yang bisa langsung diminum, ataupun dibuat sebagai campuran olahan makanan/ minuman. Mbak Renta dari pihak SGM juga menjelaskan bahwa rasa dari SGM Bunda ini bisa diterima oleh lidah Ibu hamil, yang kadang kala mengalami morning sickness sehingga nutrisi pun menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu SGM Bunda hadir sebagai salah satu solusi untuk membantu Ibu yang sedang mengandung, supaya tetap mendapatkan cakupan nutrisi terbaik bagi tumbuh kembang janin.

Salah satu cara untuk menghilangkan eneg pada susu, dalam salah sesi dalam Festival Bunda Generasi Maju ini adalah adanya cooking demo yang memberikan contoh olahan minum dengan menggunakan susu SGM Bunda, seperti es jeruk pelangi, es sirsat strawberry & es alpukat lapis coklat.

Es Alpukat Lapis Coklat

Asupan dan kesehatan Bunda saat hamil & menyusui memang perlu menjadi prioritas, supaya bayi pun berada dalam kondisi sehat. Tapi bukan ini saja, seorang perempuan yang sedang mengandung, nyatanya juga perlu terus belajar, artinya seorang Bunda pun wajib haus informasi dan senantiasa mencari informasi mana yang benar, mana yang fakta, mana yang hanya sekedar mitos. Serunya lagi, di dalam Festival persembahan SGM Bunda ini, juga terdapat Area Bunda Cerdas dimana kita ditantang untuk menjawab 10 pertanyaan mitos/ fakta seputar kehamilan & menyusui. Dannnn Alhamdulillah, saya menjawab ke-10 pertanyaan dengan benar.

Area yang juga menarik selain Area Bunda Cerdas adalah adanya Area Bunda Sehat, yaitu fasilitas USG untuk ibu hamil, lalu Area Bunda Cantik, Area Bunda Jajan, dan Area Bunda Santai dimana kita bisa menikmati massage wajah/ kaki selama 10-15 menit secara free.

Acara yang berlangsung dari sekitar jam 8 pagi hingga hampir jam 1 siang ini, sangat tidak berasa, karena keseluruhan acara begitu padat dan menarik. Apalagi ketika sesi Prenatal Couple Yoga, yang menghadirkan instruktur untuk memandu para Ayah & Bunda untuk belajar langsung terutama teknik pernafasan pada yoga, yang lebih dikenal dengan Pranayama. Ada 2 pernafasan yang bisa dilatih untuk menghadapi persalinan, yaitu Belly Breathing yang berpusat pada nafas di perut, dan Ujjayi Breathing yang berfokus pada mengambil dan mengeluarkan nafas melalui tenggorokan.

Prenatal Couple Yoga

Acara makin seru ketika di akhir acara, diisi dengan Beauty Demo dari Wardah, yang memberikan tutorial make up. Ya, meskipun sedang hamil ataupun menyusui, bukan berarti *nglomprot* alias tidak merawat diri. Dengan perawatan muka simple dan dandanan yang sederhana, tentu membuat Bunda tetap fresh & cantik.

Beauty Demo By Wardah

Yap, tantangan menjadi Bunda jaman now memang sangat beragam, tidak hanya harus tampil menarik, tapi juga cerdas (haus akan ilmu), serta bisa menjaga & meningkatkan kesehatannya. Untuk itu SGM Bunda, aktif memberikan info-info menarik seputar kegiatan ataupun produk-produknya melalui akun FB Page: SGM BUNDA. Bagi Bunda di wilayah Jakarta & Bandung, juga bisa mengikuti acara serupa pada tanggal 21 & 28 Juli 2019. SGM Bunda juga berkomitmen untuk memberikan edukasi seputar kesehatan dan produk bernutrisi bagi ibu hamil & menyusui baik secara online maupun offline.

Nah gimana para Bunda & calon Bunda, sudah siap ikutan event seru ini? Dan sudah siap jugakah menjadi generasi Bunda yang makin sehat, makin cerdas & makin maju?

Istantina atau lebih dikenal sebagai innaistantina, A Lifestyle Blogger asal Jogjakarta. Selain menulis, motret & yoga adalah hobby yang digelutinya. Kenali lebih dekat melalui IG: @innaistantina

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *