• Parenting

    Label Untuk Anak, Permanenkah Hingga Dewasa?

    Dalam sebuah perbincangan, “Wah Mbak, rapi banget tulisan anaknya”, kata si Ibu A “Iya nih mb, tumben, lagi bolong aja kali udelnya”, kata si Ibu B Jujur, saya kok malah sedih ya, dengan jawaban dari si Ibu B. Iya, ini kejadian nyata, dan tampaknya masih kerap saya temukan. Kenapa harus bilang “tumben”, kenapa gak bilang “Alhamdulillah” atau hal-hal lain yang lebih positif. Perkara anak, saya berusaha menjaga pikiran dan terutama ucapan apapun yang akan keluar untuk si anak. Karena tiap ucapan adalah doa. Ketika kita bilang “tumben”, tanpa sadar sebenarnya kita sendiri yang mencetak anak kita seperti apa. Kebayang, kalau itu berkaitan dengan ibadah? “Wah anaknya rajin sholat nih Mbak?”.…

  • Parenting

    Cara Melatih Anak Mandiri Belajar, Gak Pake Uring-Uringan!

    “Bun, aku boleh ikutan Ruang Guru gak?”, tanya Ical beberapa hari lalu. “Iya boleh, Kak, download aja, nanti Bunda bayar”, jawab saya tanpa pikir panjang. Beberapa bulan lalu, kami memang sudah mulai mengenal aplikasi baru yang fungsinya mirip seperti Bimbingan Belajar. Ada materinya, ada soal-soalnya, dan juga ada guru yang bisa diajak konsultasi mata pelajaran. Hari ini, saya bukan membahas tentang aplikasinya dulu ya, tapi lebih kepada gimana membuat anak-anak bisa sadar dengan sendirinya untuk belajar. Atau barangkali istilah tepatnya adalah mandiri dalam belajar. Alhamdulillah, dengan Ical kelas 6 saat ini, menjelang UN dan utamanya menjelang tes masuk SMP yang Ical inginkan, ia sudah bisa belajar sendiri, tanpa perlu saya…

  • Parenting

    Pendidikan Ramah Anak, Hanya Sekedar Impian?

    Ical, anak saya yang saat ini kelas 6 SD, dalam beberapa bulan ke depan akan menghadapi Ujian Nasional, eh atau USBN sih istilahnya? Yang kalo jaman saya dulu, namanya EBTANAS. Hiyaaaa, ini nih rempongnya kalau istilah pendidikan ganti-ganti mulu. Belum hapal satunya, udah lah ganti lagi. Begitu pula dengan istilah UAS yang berganti dengan PAS sejak berganti menteri beberapa waktu lalu. Hmmm, gitu aja terus, istilah berubah terus, tapi konten justru makin berat dan tidak ramah anak. Pendidikan ramah anak itu yang seperti apa? Gini gini, simpelnya, ini pendidikan sesuai dengan usia dan kebutuhan anak. Seperti penting mana antara anak terlalu dini belajar cos-sinus-tangen dengan anak belajar bagaimana menanak nasi…