Blogging & Writing

Blogger & Sosial Media, Soulmate Sejati

Blogger dan sosial media itu semacam soulmate. Ibaratnya seperti mimi lan mintuno kalau orang Jawa bilang. Itu tuh, binatang yang sepasang, kemana-mana selalu berdua, tak terpisahkan.

Blogger tanpa sosial media? Duh sombong bener? Gak butuh eksis apa? Gak butuh menarsiskan diri?

Loh loh loh, emang kenapa fungsi sosial media buat seorang blogger?

Okey-okey kita rinci ala-ala artikel listicle, berikut ini:

1. Personal Branding
Kalau blogger jadoel di era sebelum sosial media merebak seperti sekarang, memang tidak perlu lah terlalu aktif-aktif banget di sosial media. Saya malah dulu males gitu mau aktif di facebook, merasa seperti kok kurang bebas gitu merangkai kata. Terlalu banyak yang mengamati. Eee tapi begitu mulai aktif di sosial media, jadi keranjingan deh, hahaha. Eh tapi dengan aktif di sosial media, ternyata membantu orang-orang mengenali saya sebagai blogger. Dari mulai yang sekedar nanya gimana cara menjadi blogger,  hingga menawarkan pekerjaan untuk menulis artikel. Ketika kita orang mengenali kita sebagai blogger, artinya personal branding kita berhasil. Nah, manfaatkan deh status di facebook, instagram dan twitter untuk update postingan blog kita, lakukan rutin 2-3 bulan, percaya deh, dari sini, orang akan tahu kok aktivitas kita di dunia ngeblog.

2. Informasi Seputar Lomba Blog
Seringkali media-media tertentu yang mengadakan lomba blog, memberikan informasinya melalui sosial media mereka. Bahkan ketika kita menggunakan hashtag #lombablog di instagram khususnya, akan terpapar aneka lomba blog yang bisa kita ikuti. Jadilah follow saja hashtag tersebut, supaya kita mendapatkan info terbaru.

3. Sosialisasi & Silahturahmi dengan Sesama Blogger
Mau tidak mau, suka tidak mau, menjadi blogger kita butuh bersosialisasi dengan blogger lain. Cara paling mudah adalah dengan follow/ add friend rekan sesama blogger. Dengan ini, juga kita bisa tahu loh tentang lomba blog, ataupun event-event blogger yang bisa kita ikuti. Kalau dibilang, silahturahmi membuka pintu rejeki, ternyata benar adanya. Saya sendiri mengalami dengan saya aktif bersosmed, saya mengenal banyak blogger dan mendapatkan banyak wawasan sekaligus informasi penting yang saya butuhkan untuk membangun blog & meperkuat eksistensi sebagai blogger.

Yap, nyatanya memang blogger dan sosial media senantiasa berjalan beriringan. Setidaknya untuk saat ini dan beberapa tahun ke depan. Apakah akan ada pola berbeda suatu saat nanti? Bisa jadi, ketika posisi sosial media tergantikan oleh suatu teknologi yang lebih kuat dan lebih membantu.

But for now. yukkk kita kuatkan sosial media kita, supaya kegiatan ngeblog juga makin lancar jayaaaaa!

Istantina atau lebih dikenal sebagai innaistantina, A Lifestyle Blogger asal Jogjakarta. Selain menulis, motret & yoga adalah hobby yang digelutinya. Kenali lebih dekat melalui IG: @innaistantina

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *