Blogging & Writing

Blogger Masa Kini, Ilmunya Harus Kekinian!

Jaman awal ngeblog di tahun 2005-2007 dulu, belajar pake blogspot, belum pake nama domain sendiri. Lalu sejak 2009, mulailah punya domain sendiri. Sempet tuh diurus 2 tahunan, sampai akhirnya ketika mulai belajar bisnis ini itu, terbengkalailah blog tercinta. Hingga masa domain expired, beserta dengan hostingnya! Hwaaaa ilang semua dong berarti? Haaaiyaaa ๐Ÿ˜€

Kadang disitu saya merasa sedih, kenapa gak pake hosting gratisan di blogspot aja, paling gak ketika domain gak diperpanjang seperti yang saya pake di wordpress, semua postingan masih ada. Yah, tapi ibarat kata nasi udah jadi bubur, sekarang gimana caranya bikin bubur itu tetep enak dan lezat!

Ilmu di dunia blogging ini memang lezat, di mata saya ya, bisa jadi beda di mata orang lain. Tahun 2009 itu pula saya mulai kenal SEO, sampe nekad email ke beberapa Master SEO untuk tanya tips & tips, supaya traffic blog naik.

Waktu itu saya masih di Kalimantan, dan internet super lemotnya. Mau buka halaman depan blogger.com ajaaaa, beh lamanyaa. Sampe keburu ngantuk lagi, maklum jadwal ngeblog di jaman itu adalah jam 1-3 pagi, sebelum Subuh. Kalau sekarang ritme ngeblog lebih banyak ketika jam anak-anak sekolah.

Saat saya belajar SEO di era awal 2010-an, google masih menggunakan algoritma berdasarkan Page Rank blog. Tetiba ketika saya mulai aktif lagi ngeblog, dan penasaran dengan perkembangan SEO, eee lah kok page rank udah gak efektif lagi untuk menentukan kualitas blog. Sekarang lebih ke DA & PA. Ini apaan? Sok googling aja, daripada saya neranginnya salah, hahaha. Mending langsung cari info online aja, banyak kok para suhu yang membagikan ilmunya secara gratis. Sekarang saya masih meraba-rabaaaaa.ย 

Lah, kan uda lama ngeblognya, kenapa masih meraba-raba ilmunya? Yaelahhh, ilmu ngeblog itu senantiasa bertumbuh buk, gak bisa kita pake ilmu lama untuk masa sekarang. Meski rule tetap seperti konten harus asli, no asal jiplak dan asal copas, hingga ke aturan saling mengunjungi blog dan juga berkomentar, ini juga masih berlaku.

Yang berkembang, misalnya tentang DA dan PA seperti contoh sceenshot diatas, atau kalo dulu cukup 150-200an kata aja cukup demi sebuah postingan utama untuk tujuan traffic, didampingi dengan 3-5 postingan bayangan yang nembak link ke postingan utama. Kalo sekarang? Beh, minimal bisa 300 bahkan ada yang menyebutkan 500 kata.

Makin susah ya berarti ngeblog itu?

Wess wess, gak usah dipikir susah apa enggaknya. Enjoy aja, nikmati aja. Nulis aja wes pokoknya. Tipe saya pribadi, termasuk orang yang gak suka punya *peternakan blog*, dulu pernah punya belasan puluhan domain, tapi ambyarrrr semua, karena malah bingung updatenya. Meski uda beli ebook SEO harga ratusan ribu waktu itu.

Bukan bingung sebenernya, tapi lebih ke “Ini bukan style ngeblog saya”. Saya lebih senang nulis hal-hal sesuai ide dan pemikiran saya. Ya tetep ide itu bisa didapet dimana aja, dan ketika ide itu saya dapet dari tulisan orang lain, saya tetep ngasih sentuhan personal.

Intinya mah, saya blogger yang gengsian! Haha. Gak mau nyomot tulisan orang lain, gak mau asal copas, gak mau hanya demi dollar mengorbankan prinsip saya. Gak butuh duit mbak? Ya butuhhh lah. Tapi saya kerjakan ngeblog ini sesuai hati nurani saya aja. Saya yakin, rejeki gak bakal kemanaย  kok, asal mau kita kerjakan dengan sungguh-sungguh.

Bismillah, sejak sebulan terakhir ini, saya mulai ngeblog dan nulis dengan style sendiri. Capek ikut-ikutan gaya si A, B, C ataupun D. Dan pastinya jadi nyaman banget nulisnya, mau tiap hari aja, Insya Allah ada cerita yang bisa dibagikan. Tentu dengan semangat terus upgrade ilmu, karena Blogger masa kini, ilmunya juga harus kekinian! Itulah kenapa saya gabung dengan beberapa komunitas blogging & writing, supaya ilmu saya tetap up to date, gak cupuuuu cupu banget lah ๐Ÿ˜€

Buat temen-temen yang masih kinyis-kinyis di bidang ngeblog, berani bertanya dan berani action aja! Ngeblog gak akan pernah jadi, kalo kita gak mulai dari sekarang! Nulis gak akan pernah selesai kalo kita gak pernah mulai ngetik satu katapun. Bergabung di komunitas juga sangat membantu kok, banyak training gratis untuk pemula yang bisa didapatkan dan dipelajari. Tinggal mau apa enggak, niat apa enggak ๐Ÿ™‚

 

Istantina atau lebih dikenal sebagai innaistantina, A Lifestyle Blogger asal Jogjakarta. Selain menulis, motret & yoga adalah hobby yang digelutinya. Kenali lebih dekat melalui IG: @innaistantina

11 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *