Blogging & Writing

Blogger itu Sebuah Profesi

“Ihhh keren, uda dapet endorse sekarang”

“Waahh Mbak Inna sih blogger profesional”

Komen-komen semacam ini, mulai muncul beberapa minggu terakhir ini, sejak saya mulai aktif posting tentang aktivitas *kebloggeran* di media sosial. Padahal mah ya, saya ini SEMPAT menjadi blogger kambuhan! Alias datang dan pergi sesuka hati. Alhamdulillah sekarang uda insap 😀

Blogger atau secara KBBI tercatat sebagai BLOGER, saat ini memang menjadi sebuah fenomena tersendiri, yang cukup mewabah, baik di kalangan lelaki dan perempuan pekerja, emak-emak dasteran di kantor, hingga anak-anak kuliahan yang males kongkow-kongkow gak jelas sepulang kampus.

Saya sendiri dari pertama kenal dunia blogging, tidak merencanakan pengen jadi blogger. Ya pokoknya nulis aja, curhat aja di blog sendiri. Lama-lama kok berasa gimana ya, udah nulis tapi gak ada yang mampir ke blog. Kan pengen juga dapet feedback dari tulisan yang dipajang di blog.

Lalu mulailah berkenalan dengan blogger lain, secara online, melalui kegiatan blogwalking, saling berkunjung antara blog dan meninggalkan jejak berupa komentar. Dari sini, makin tuh suka dunia ngeblog. Dan gak saya nyana, hobby yang awalnya hanya sekedar untuk mengisi waktu luang ini, ternyata saat ini menjadi salah satu profesi yang cukup diminati.

Blogger Jadoel vs Jaman Now

Mengalami ngeblog di 2 era berbeda, saya melihat ada perbedaan cukup signikan. Yaitu pada hal kemandirian seorang blogger. Era jadoel, kisaran 10 tahunan lalu, blogger ini lebih pada aktivitas menulis, dan berdiri sendiri. Tidak ada komunitas yang ramai seperti sekarang.

foto: https://www.instagram.com/imasatrianto
foto: https://www.instagram.com/imasatrianto

Hadirnya komunitas blogger tentu amat sangat membantu. Terutama dalam mendapat informasi seputar liputan acara, review produk, atau kumpul-kumpul blogger lainnya. Intinya, saat ini, blogger lebih dimanjakan dengan segala fasilitas yang ada. Blogger jaman Now, juga banyak eksis di dunia nyata, bukan hanya dunia maya. Mmm, tapi ini pilihan loh ya, karena masih ada beberapa yang juga nyaman dengan dirinya dan blognya saja, dan tidak merasa butuh untuk bersosialiasi *ala kopi darat* dengan blogger lainnya.

Blogger Matre vs Non Matre

Hahaha, apa pula ini? Saya kurang begitu paham apakah istilah ini masih ada di era blogger jaman sekarang. Saat saya mulai ngeblog dulu, ada nih istilah Blogger Matre. Yaitu yang nulis di blog, selain untuk rekam jejak tulisan secara online, beberapa tulisannya juga mengandung konten iklan. Atau bahkan meletakkan banner-banner iklan produk ataupun jasa di dalam template blog. Bahkan ada juga yang sampai punya *peternakan blog*, alias blognya banyak bener, bisa belasan hingga puluhan. Dengan tujuan untuk monetisasi google adsense pastinya.

Kalo yang non matre itu yang gimana? Tentunya ini yang sekedar menulis aja, atau sesekali berkunjung ke blog lain untuk komen. Ini bisa jadi zona nyaman untuk orang-orang yang memang tujuannya sebagai penulis. Bisa mengekpresikan tulisannya secara online dan mendapat kritikan serta masukan dari pembacanya.

Tertarik Jadi Blogger?

Memang sekarang blogger jadi sebuah profesi yang asyik. Ada yang bisa jalan-jalan gratis, bisa nyoba produk secara gratis, bahkan menjadikan ngeblog sebagai penghasilan utama. Banyak agency blogger yang mencari blog-blog dengan *nilai tertentu* untuk dijadikan tempat mengiklankan produk/ jasa dari para kliennya.

Terus gimana caranya jadi blogger? Tentunya harus punya blog. Kalo hanya menulis, tapi bukan di media seperti blog, namanya bukan blogger. Misal hobby nulis tapi di facebook, nanti namanya jadi facebooker dong 😀

Ok jadi langkah pertama adalah punya blog, mau di wordpress ataupun blogspot silahkan. Berikutnya apa? Ya harus diisi lah blognya, rutin! Aktif di media sosial dan juga lakukan sosialiasi dengan blogger lainnya. Atau kalo memilih untuk tidak berinteraksi, maka pastikan belajar SEO dengan sungguh-sungguh, supaya orang datang dengan sendiri ke blog kita melalui pencarian kata kunci di mesin pencari, meski kita tidak aktif melakukan blogwalking.

So, udah siap jadi Blogger?

Terimakasih sudah berkunjung dan komen di blog ini, komen akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum tampil :)

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *