Lifestyle

Belajar Yoga Sendiri Di Rumah? Perhatikan 3 Hal Penting Ini!

Belajar yoga sendiri? Memangnya bisa? Pertanyaan ini yang beberapa kali masuk di media sosial saya. Sejak mengenal yoga, saya jadi terhipnotis oleh olahraga yang lebih mirip gerakan-gerakan senam sederhana ini. Sederhana? Iya, sebagian gerakan yoga itu sederhana, tapi efek keringatnya luar biasa. Belum lagi dengan gerakan advanced serba jungkir balik, kebayang gimana perjuangannya?

Sejak saya kecil, saya terbiasa belajar segala hal secara otodidak. Mungkin kalau jaman dulu sudah ada homeschooling, saya akan bilang ke orang tua untuk sekolah di rumah saja. Mulai dari belajar bahasa inggris melalui lirik lagu yang ada di majalah maupun sampul kaset, belajar membuat blog pun 80% saya lakukan sendiri, meski dengan aneka ebook, tetap saya lebih senang pelajari ilmunya lalu praktekkan. Belajar edit video melalui hape ataupun laptop, ini pun saya pelajari sendiri. Ya, saya seorang otodidakers. Ah entahlah apa sebutannya, tapi yang jelas saya sangat suka belajar beragam ilmu secara sendiri dan mandiri. Begitu pula dengan belajar yoga di rumah, saya lakukan mostly sendiriΒ atau sebutan yang familiar adalah self taught yogi/ yogini.Β Tapi tentunya ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika memutuskan untuk belajar yoga sendiri di rumah.

Saya rangkumkan berdasarkan pengalaman saya, berikut 3 hal yang perlu diperhatikan ketika belajar yoga sendiri di rumah:

A. Ikut Kelas Bersama Guru, Baru Belajar Sendiri

Sebelum belajar yoga sendiri, pastikan untuk mengikuti kelas bersama guru atau instruktur yoga secara langsung. Pengalaman saya, belajar langsung dengan guru selama 6-12 bulan, sampai minimal kita paham dengan dasar-dasarnya. Karena ini penting, supaya kita terhindar dari cedera. Mengikuti kelas online ataupun tutorial yoga, juga membantu kita lebih mengenal pengetahuan lebih tentang yoga. Upgrade ilmu melalui kelas-kelas spesial yang biasanya disediakan oleh komunitas ataupun studio yoga di dekat kita.

B. Siapkan Peralatan & Perlengkapan Yoga Yang Dibutuhkan

Sebagai pemula dan ingin belajar sendiri di rumah, sangat dianjurkan untuk memakai peralatan yang dibutuhkan, tentu demi alasan safety saat kita melakukan gerakan tertentu yang bisa jadi tidak mudah untuk sebagian orang. Peralatan apa saja?

  1. Matras Yoga. Pastikan pilih yang nyaman, bisa menopang tubuh terutama lutut dengan nyaman. Usahakan pilih yang tidak licin, supaya membantu kita saat sedang latihan yoga di rumah.
  2. Balok Yoga. Bisa membantu menopang ketika kita kesulitan di beberapa gerakan yoga. Ada beberapa macam balok yoga, dari yang kayu, serbuk kayu maupun yang berbahan foam. Saya sendiri memilih yang terbuat dari kayu, karena lebih solid dan ketika dicengkeram juga lebih mantap.
  3. Tali Yoga/ Yoga Belt. Buat yang kurang elastis, yoga belt ini sangat dibutuhkan untuk membantu saat ada gerakan stretching ataupun yang serba mengulurkan anggota tubuh.
  4. Yoga Wheel.
  5. Baju Khusus Senam/ Yoga. Mau gak mau, sebaiknya kita mempersiapkan baju khusus yoga, yang menyerap keringat dengan baik, bahan yang tidak cepat melar dan juga nyaman dikenakan.

C. Sesuaikan Kemampuan

Salah satu instruktur yoga saya sering bilang, “Tubuh jangan dimanja, jangan pula dipaksa”. Jangan dimanja artinya kadang kita perlu nikmatin rasa tidak nyaman ketika yoga, terutama ketika ada gerakan yang bikin “pedas-pedas enak”, istilah yang dipakai untuk menunjukkan bahwa gerakan tersebut sebenarnya tidak enak ketika dilakukan, tapi efeknya ada manfaat tersendiri. Jangan pula memaksa diri kita, karena bisa bahaya, bisa menimbulkan cedera.

3 hal tersebut, memang sebaiknya benar-benar kita perhatikan, ketika ingin latihan dan belajar yoga sendiri dari rumah saja. Saya juga pernah mengalami cedera, meski tidak terlalu parah, tapi cukup mengganggu keseharian. Yaitu cedera di lengan kanan. Ya mungkin waktu itu terlalu ngotot untuk bisa menguasai suatu gerakan, padahal otot belum siap. Uniknya, lengan juga makin sembuh dengan gerakan yoga sederhana seperti stretching tertentu secara rutin.

Manfaat yoga bagi kesehatan nyatanya memang sudah saya dapatkan 1-2 tahun ini, dan saya akan terus lanjutkan hingga tua nanti. Insyaa Allah. Berapapun usia yang masih melekat di raga ini, saya akan berusaha jaga kesehatan tubuh ini dengan segenap hati πŸ™‚

Istantina atau lebih dikenal sebagai innaistantina, A Lifestyle Blogger asal Jogjakarta. Selain menulis, motret & yoga adalah hobby yang digelutinya. Kenali lebih dekat melalui IG: @innaistantina

27 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *