Gadget & Techno

ASUS ROG Mothership, Laptop Gaming Kekinian Seharga DP Rumah!

“Bun, aku mau bikin youtube channel sendiri boleh? Yang gaming“, tanya Ical, si anak sulung beberapa bulan lalu sebelum kelulusan SDnya. Sebenarnya sudah sejak beberapa tahun terakhir, Ical fokus di game-game tertentu yang serba building, bahkan beberapa kali sempat streaming di salah satu aplikasi, dimana ia memberikan penjelasan seputar game. Padahal waktu itu, Ical masih sekitar kelas 4-5 SD, dan saya perhatikan banyak diantara yang bertanya ke Ical tentang tips & trick game itu  orang-orang yang seusia diatasnya. Disinilah, setelah beberapa kali diskusi & kesepakatan, saya ijinkan Ical untuk membangun youtube channelnya sendiri, selain family youtube channel “Saddha Story” yang sudah kami bangun bersama-sama beberapa bulan terakhir.

Dengan berbalut nama channel “Ical Saddha”, sejak puasa ramadhan tahun 2019 ini, Ical mulai mengisi konten di channel tersebut. Bocah 12 tahun ini melakukan semuanya sendiri, dari mulai recording, editing hingga uploading ke youtube. Saya hanya memberi sedikit saran tentang pemasangan tag & deskripsi saja, selebihnya yang pegang kendali penuh itu Ical sendiri. Awalnya, Ical hanya menggunakan tablet saat melakukan seluruh rangkaian proses pembuatan hingga menggunggah konten. Tapi ternyata, dengan segala keterbatasan yang ada, yang terjadi justru seringkali nge-lag dan bahkan beberapa kali tidak terekam, alhasil harus mengulang beberapa kali.

Meski alat terbatas, Ical tetap semangat mengerjakan channelnya, ini yang membuat saya juga menawarkan laptop yang selama ini saya pakai untuk Ical gunakan selama proses rekaman dan edit video. Lagi-lagi kendala muncul. Secara laptop saya ini, memang peruntukkannya hanya untuk kebutuhan mendasar seputar blogging ataupun vlogging dengan teknik editing sederhana, tentunya kewalahan ketika dipakai untuk membangun channel dengan genre gaming. Dari mulai panas yang muncul sampai ke suara semacam menderu saat Ical pakai selama proses rekaman & membuka beberapa tab sekaligus.

Melihat semangat Ical dan pertumbuhan channelnya yang cukup signifikan, sejujurnya sebagai orang tua saya juga ingin memfasilitasi Ical secara lebih, supaya kemampuannya makin terasah. Tentunya dengan laptop yang punya spefisikasi sekelas gaming youtuber. Apalagi laptop saya, juga terlihat tampak ringkih ketika Ical terlalu semangat saat menekan tuts keyboard di beberapa game yang ia mainkan. Inilah yang membuat saya mencari banyak informasi tentang laptop khusus gaming yang mumpuni. So I think, sudah saatnya saya ganti laptop, yang bisa saya gunakan untuk menunjang aktivitas blogging dan juga ngedit konten youtube, dan sekaligus Ical pakai untuk proses rekaman hingga editing channel youtube gamingnya.

Event ASUS “Be-Unstoppable ROG 9th Gen National Launch”

Gayung bersambut, ketika ternyata saya menjadi salah satu blogger yang terpilih untuk hadir di acara Be Unstoppable yang diadakan oleh ASUS pada tanggal 11 Juli 2019. Siapa yang tidak mengenal ASUS. Brand ternama dari sebuah perusahaan multinasional sekaligus produsen motherboard, PC, monitor, kartu grafis, dan router terbaik di dunia, dengan visi sebagai perusahaan teknologi terdepan dan paling inovatif di dunia. Mempunyai karyawan yang tersebar di seluruh dunia, termasuk lebih dari 5.000 profesional di bidang R&D, ASUS terbukti memimpin industri teknologi melalui desain serta inovasi canggih untuk menghasilkan perangkat cerdas terbaik yang dapat dinikmati oleh semua penggunanya. Apalagi hadir dengan brand spirit “In Search of Incredible”, ASUS berhasil memperoleh berbagai penghargaan sepanjang tahun 2018 termasuk Forbes’ Global 2000 Top Regarded Companies, Thomson Reuters’ Top 100 Global Tech Leaders, dan Fortune’s World’s Most Admired Companies.

Baru mendapatkan undangan acara “Be-Unstoppable ROG 9th Gen National Launch” saja, saya sudah bisa bayangkan euphorianya semenjak berangkat dari rumah. Kebayang serunya! Dan ternyata benar, baru sampai di depan lokasi event yaitu Grand Ballroom Pullman Hotel – Central Park yang beralamat di Podomoro City, Jl. Letjen S. Parman No.Kav. 28 Jakarta Barat ini, kemeriahan acara sudah sangat terasa.

Banyak hal yang membuat saya terkesan dengan acara ini, kalau boleh saya kelompokkan, ada 2 hal utama yang cukup menonjol, yaitu People & Product.

 

People

1. Tamu Undangan
Dihadiri sekitar 600an undangan dari beberapa kalangan selain media dan blogger, ada pula para youtuber, vlogger dan selebgram. Yes, semua tumpah ruah menjadi satu untuk meramaikan acara. Dan pastinya penasaran dengan produk-produk besutan ASUS terbaru yang bakal dilaunching di acara ini.

pic by Travelerien

2. Pengisi Acara

A. Pihak Asus Management
Acara dibuka oleh Jimmy Lin, selaku Asus Regional Director, Southeast Asia, yang menjelaskan bahwa jajaran laptop gaming ROG yang akan dilaunching di acara tersebut, merupakan sebuah solusi menyeluruh, bukan hanya untuk gamer, tetapi juga untuk kalangan profesional yang membutuhkan laptop ultra-powerful untuk menunjang pekerjaannya secara mobile. Lin menambahkan kalau Asus sudah menjadi brand laptop gaming pilihan di negara kawasan Asia Pasifik dengan penguasaan pasar lebih dari 30 persen. Sebuah angka yang cukup fantastis!

pic by ASUS

B. Para Youtuber Gaming
Di tengah-tengah acara, muncullah beberapa youtuber yang menjadi Brand Ambassador Laptop Gaming Asus ROG terbaru. Yang menarik menurut saya, ikut sertanya salah satu youtuber gaming perempuan yang cukup terkenal, atlet e-Sport sekaligus youtuber gaming yaitu Sarah Viloid. Sosok anak muda usia 17 tahun yang berhasil menghadiahkan rumah untuk kedua orangtuanya berkat konsistensi di bidang gaming yang ditekuninya selama ini.

pic by ASUS

C. Deddy Corbuzier
Saat saya baru datang, sempat sekelebat berpapasan dengan tunangannya Deddy Corbuzier. Tapi saya tidak menyangka kalau youtuber, influencer, sekaligus Host Hitam Putih ini ternyata juga hadir, bahkan menjadi mystery guest yang sempat disebutkan di awal acara. Disini Deddy Corbuzier, khusus ditunjuk sebagai Brand Ambassador dari produk jaket eksklusif yang merupakan kerja sama ASUS & Under Armour dengan tema Republic of Gamers (ROG). Jaket ini hadir dengan desain khusus & hanya tersedia di Indonesia dengan jumlah terbatas.

 

Product

Bicara ASUS tentu saja bicara produk. Dalam event launching yang berlangsung dari jam setelah makan siang hingga sore hari ini, padat dengan rangkaian penjelasan tentang produk-produk terbaru yang diluncurkan dalam balutan ASUS ROG. Republic of Gamers yang memang ASUS dedikasikan untuk para gamer ataupun profesional dengan kebutuhan laptop super canggih ini, terbukti sudah mempunyai segmen pasar dan peminat dalam jumlah yang tidak sedikit. Jadi sangat pantas, ketika ASUS terus berinovasi untuk terus mengembangkan teknologinya.

ASUS ROG Mothership, Laptop Seharga DP Rumah? Apa Sih Istimewanya?

Yang langsung nyolok mata adalah, seri ROG Mothership GZ700GX, digadang-gadang sebagai desktop replacement serta memiliki performa yang setara dengan PC desktop kelas high-end. Dibandrol dengan harga bukan lagi di angka belasan atau puluhan juta, tapi mencapai 130 jutaan rupiah! Fantastis bukan?

Mengangkat tagline “Redefine How You Play”, benar-benar cocok dengan kondisi pasar saat ini, kenapa demikian? Karena pertumbuhan industri gaming & creative di Indonesia pun sangat pesat. Lahirnya para youtuber gaming maupun di genre lainnya, dengan penghasilan fantastis baik dari adsense, endorse, hingga menjadi brand produk tertentu, maka bisa dibilang harga 130 jutaan terbilang masuk akal.

Lalu, apa saja spesifikasi ASUS ROG Mothership yang membuatnya istimewa?

1. Desainnya Keren & Anti Mainstream
Ya memang, secara bobot ASUS ROG Mothership ini lebih berat dari laptop gaming umumnya yaitu 4,8 kg. Tapi dengan ketebalan hanya 3,35 cm serta tampilannya yang tampak kokoh, ini yang membuatnya keren! Sementara yang membuatnya anti mainstream adalah laptop ini *berasa deskstop*. Dibekali dengan chip grafis NVIDIA RTX 2080 versi desktop serta detachable keyboard yang artinya bisa dilepas dan dioperasikan secara wireless, pastinya membuat aktivitas selama gaming maupun kegiatan profesional kreatif lainnya, lebih fleksibel dan nyaman.

2. Sistem Pendingin & Anti-Dust
ASUS ROG Mothership ini juga memanfaatkan bentuk vertikal untuk merekayasa ulang sistem ventilasi udara agar suhu internal rendah bisa lebih lama dan memberikan kinerja sistem pendingin yang lebih baik. Komponen pendingin berbahan Liquid Metal sebagai pengganti thermal paste, diklaim bisa meredam panas CPU dan GPU menjadi lebih dingin.

Spesialnya lagi, ditambah dengan kemampuan membersihkan debu karena adanya self-cleaning fans yang bekerja maksimal.

3. Layar 4K Memukau
Siapapun pasti akan dimanjakan dengan layar 4K UHD (3.840 x 2.160), menampilkan resolusi terbaik yang pernah ada saat ini. Dibekali dengan layar sentuh 17,3 inci dengan aspek rasio 16:9, sehingga mampu menghasilkan sudut pandang luas. Layar ASUS ROG Mothership ini juga bahkan mendukung refresh rate 144Hz, 3ms response time berkat adanya Nvidia Gsync.

4.Prossesor Gahar
ROG Mothership ditenagai prosesor Intel Core generasi kesembilan, Intel Core i9-9980HK yang memiliki kecepatan hingga 5.0 GHz. Artinya game macam apapun bisa dilibas oleh laptop gaming ini.

5. Audio Mantap
Main game tidak mantap rasanya kalau tidak dengan audio yang juga mendukung. Tampaknya ASUS sangat mengerti hal ini, hingga menanamkan audio terbaik dan premium dari ESS® Sabre HiFi DAC 24-Bit192kHz yang menjamin pengalaman gaming menjadi makin menyenangkan.

Berikut spesifikasi lengkapnya yang tertera di website resmi ASUS, https://www.asus.com/Laptops/ROG-Mothership-GZ700/Tech-Specs/

Mak nyus kan spesifikasinya? Benar-benar berada di segmen high-end dengan kualitas luar biasa!

ASUS ROG Punya Harga Laptop Yang Lebih Terjangkau?

Nah ini mungkin pertanyaan buat banyak orang, termasuk saya, ketika diumumkan harga seratusan juta untuk sebuah laptop. Saya pun langsung mikir lagi, wah lumayan berat nih buat kocek saya. Bukan lumayan berat lagi, memang berat! 😛

Apalagi kalau ini akan saya jadikan laptop harian untuk ngeblog dan editing video, juga sekaligus anak saya pakai untuk membangun channel youtube gamingnya, artinya saya butuh laptop dengan harga lebih terjangkau. Nanti laptop Mothership, beli pakai hasil nge-youtubenya ya Nak!

Punya pemikiran seperti saya juga, pengen ganti laptop ASUS ROG dengan harga lebih terjangkau? Tenang, jangan sedih, masih ada beberapa pilihan lainnya, yaitu ASUS ROG Zephyrus di harga 25 juta hingga 48 jutaan. Tipe Zephyrus ini juga disebut sebagai laptop gaming paling tipis dan powerful di dunia dengan menggunakan prosesor 9th Gen Intel Core. Tersedia 2 varian ROG Zephyrus yaitu Tipe S dan M yang berbeda pada desain bodi, spesifikasi dan harga.

Ada pula ASUS ROG STRIX yang dijual mulai harga belasan juta rupiah, sama seperti laptop-laptop gaming yang beredar saat ini, yang menggunakan elemen desain pada ROG Face Off yang baru berupa laptop konsep. ROG STRIX mengadopsi desain tersebut, termasuk mekanisme pada mobil sport BMW yang menjadi salah satu inspirasi dalam inovasi ROG Face Off.

Dalam acara ASUS BE UNSTOPPABLE ini juga, diluncurkan beberapa aksesoris laptop yang unik, seperti ROG Theta 7.1 surround gaming headset, ROG Strix Carry 1ms 2.4GHz gaming mouse, ROG PNK LTD Series, dan produk lifestyle gaming lainnya seperti ROG Spotlight, ROG Aura Terminal, dan lain-lain.

Gimana, dari seluruh ASUS ROG terbaru yang diluncurkan, produk mana yang pengen kamu pinang? 🙂

Istantina atau lebih dikenal sebagai innaistantina, A Lifestyle Blogger asal Jogjakarta. Selain menulis, motret & yoga adalah hobby yang digelutinya. Kenali lebih dekat melalui IG: @innaistantina

50 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *