Reflection

Apa Arti Sebuah Nama?

Screenshot_1Buat sebagian orang, nama ini sangat penting. Karena dianggap berkaitan dengan doa & harapan si pemberi nama. Terutama ketika orang tua memberi nama ke anaknya, sampai baca aneka referensi buku Nama Anak, googling nama-nama anak dari seluruh dunia & cari yang paling cocok serta paling baik artinya, hingga mungkin ada yang percaya menggunakan nama-nama orang hebat supaya si anak ketularan hebatnya.

Buat sebagian yang lain, “Apalah arti sebuah nama?”. Toh yang pake nama gelar ningrat pun belum tentu attitude sesuai dengan namanya. Atau bahkan yang namanya menggunakan simbolisasi agama pun belum tentu sikap kesehariannnya tercermin dari harapan di dalam arti namanya.

Nah, So?

Pentingkah Sebuah Nama?

Saya, yang sama bapak saya dikasih namanya 1 kata, “Istantina”. Istantina thok thil, tanpa ada first name, middle name ataupun last name. Sama persis kek ibu saya, yang namanya juga 1 kata, “Mutmainah”. Kalo nama ibu saya, jelas itu artinya wuapik banget. Berasal dari bahasa arab yang artinya Tenang atau Tentram. Dannn memang begitulah beliau. Sampe sodara-sodara sepupu atau bahkan temen-temen sekolah & kuliah saya selalu punya komentar sama tentang Ibu, yaitu pribadi yang bisa bikin “Ayem, Adem, Tentrem”.

Lah kalo nama saya, dari bahasa mana hayoooo? Pas SMP saya pernah tanya ke bapak, apa arti nama saya. Bapak jelasin, Is dalam bahasa Jawa itu artinya LEBIH. Sementara TANTINA itu berasal dari lagu daerah dari Maluku. Kalo dilihat dari sisi arti lagunya, wehhh masa *mati ditembak raja nirwana*? Huwaa Ogahhhh!

Maka untuk menenangkan saya waktu itu, bapak bilang: “Istantina itu artinya menjadi pribadi yang lebih dibanding yang lain. Lebih baik dalam segala hal. Ibarat seekor burung yang terbang, punya mimpi yang tinggi dan juga punya upaya yang sungguh-sungguh untuk mencapainya”. Awww, so deep that my name? 😀

Nah untuk itulah, saya juga bikin blog ini, www.istantina.com. Sebuah persembahan untuk almarhum bapak, untuk ibu, untuk keluarga saya, untuk anak-anak saya.

Sembari saya sedikit terharu karena mendadak inget almarhum bapak yang dulu suka nyanyi di atas kursi goyang sambil nyanyi lagu “Sio Tantina”, Boleh yuk temen-temen ikutan sharing, penting gak sih nama itu? Punya korelasi gak sama kehidupan kita?

Istantina atau lebih dikenal sebagai innaistantina, A Lifestyle Blogger asal Jogjakarta. Selain menulis, motret & yoga adalah hobby yang digelutinya. Kenali lebih dekat melalui IG: @innaistantina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *