Blogging & Writing

I Found Myself

Ngeblog? Istilah yang pertama kali saya kenal saat kerja di Trans TV tahun 2005. Melihat seorang rekan kerja yang cukup aktif ngeblog waktu itu, dan juga sempat blogwalking ke blog sepatumerah(dot)com yang cukup terkenal, membuat saya ingin mengenal dunia blogging.

Lalu mulai menulislah saya di media blog gratisan, blogspot. Eh saya lupa loh apa nama blog pertama yang saya buat waktu itu, hahaha. Sepertinya memang tidak ada kesan, jadinya lewat gitu saja. Yap, di tengah kerja rodi sebagai broadcaster televisi dengan jam kerja acak adul, yang kadang berangkat kerja pagi, pulangnya pun pagi, otomatis kegiatan ngeblog hanya selewatnya saja.

Yang bisa saya ingat dari aktivitas ngeblog pertama saya itu, banyak tulisan berupa puisi. Ye ye ye, gini gini saya kan bintangnya Aquarius yang terkenal romantis dan puitis, uhuk!

Hingga akhirnya saya menikah di tahun 2006, lalu punya anak di tahun 2007, ngeblog mengisi kembali hari-hari saya. Segala tumbuh kembang Ical, anak pertama saya, ada di blog ini, www.arienna.blogspot.com. Itu nama blognya. Menggabungkan nama saya dan nama suami. Ari en Inna, jadilah arienna. Mmm kemungkinan mamanya Ariana Grande terinspirasi blog saya waktu itu, tsahhhh.

BLOG HILANG

Mengenal beberapa bunda-bunda blogger, membuat aktivitas ngeblog makin menyenangkan, meski interaksi hanya sekedar lewat kolom komentar. Belum ada sebangsa aktivitas blogger di sosial media. Jiyahhh, sosmed juga adanya friendster yang waktu itu sudah masuk dalam tahap hidup segan mati tak mau.

Sayang seribu sayang, saat saya sedang fokus belajar SEO dan membangun peternakan blog dengan domain & hosting berbayar, tak dinyana, saat saya coba login di blog arienna itu, mendadak gak bisa. Lah kenapa ini? Bahkan saya ketik nama blognya di browser pun tidak ditemukan.

Bahkan per hari ini, ketika saya ketik nama blog ini di browser, munculnya seperti ini:

Analisa saya adalah karena saya waktu itu menggunakan email yahoo untuk login di blog blogspot tersebut. Yes, jaman yahoo masih cukup berjaya. Sementara kita tahu, blogspot ini adalah punyanya google yang tentunya gmail adalah fasilitas email utamanya. So, apakah ini yang lalu menjadi kendala hingga akhirnya blog dan seisinya hilang? Ada yang ngehack?Β Lah, buat apa tho mesti dihack? Wong bukan blog yang dimonetize, dan isinya juga seputar anak saja. Entahlah! Saya sendiri tidak bisa menemukan jawaban yang tepat hingga sekarang.

Sempet nangis, kesel, marah. Ya gimana enggak? Puluhan tulisan yang sudah saya buat selama sekian bulan, hilang begitu saja. Padahal di dalamnya banyak cerita seputar kehamilan pertama, kelahiran anak pertama, hingga masa-masa belajar parenting sebagai orang tua baru.

Ya sudahlah, saya ikhlaskan saja. Insya Allah, saya ikhlas. Meski kalau diinget lagi, yaaaa gimana gitu rasanyaaaa. Jiyah, berarti belum ikhlas? Xixixiiii

Insya Allah berjuang untuk mengikhlaskan. Blog arienna boleh saja hilang, tapi semangat menulis tetaplah ada. Meski sempat off sekian tahun, ternyata dunia ngeblog dan menulis adalah sebagian hidup saya. Yap, namanya bagian hidup, kalau ditinggalkan sejenak, pasti bakal balik lagi. Kembalinya kesitu lagi dan kesitu lagi.

 

MOTIVASI NGEBLOG

Jadi, kalau ditanya, kenapa ngeblog?

Ya karena ini hidup saya. Saya dan blog ini saja misalnya, sudah seperti soulmate. Sehari gak nengok, kok rasanya ada yang kurang. Entah itu update tulisan ataupun sekedar cek komen yang masuk.

Ngeblog buat saya, juga sebagai sarana terapi. Saya pernah berada dalam posisi bingung mau ngapain, harus gimana, dan semacam kehilangan jati diri. Tapi dengan ngeblog, saya menemukan diri saya kembali. Kalau hanya sekedar menulis di diary, saya tidak mendapatkan sensasi seperti saat ngeblog.

Ngeblog, selain menulis, kita juga mendapatkan interaksi dari orang lain. Nah, dengan interaksi inilah yang membuat kita merasa “ada”.

Meski di mata orang lain, saya terlihat seperti orang yang mudah dekat dengan orang lain, atau ramai banget ketika bercerita, tapi sesungguhnya saya termasuk orang introvert, tidak suka keramaian, dan termasuk yang kadang mengalami kesulitan saat masuk ke lingkungan baru. Tapi memang, kalau saya sudah cocok dan nyaman, level nyerocos saya bisa tidak terkendali πŸ˜€

Nah, dengan ngeblog ini, menjadi jembatan buat saya, untuk mengenal karakter orang lain melalui tulisan-tulisannya, dan terutama ikut seseruan bersama blogger lain di event-event off air. Iya, saya lebih nyaman berkumpul dengan orang-orang yang punya visi misi sama. Kadang ngiri juga dengan orang yang bisa banget melebur ke komunitas apapun.

Hey! Ingat! Bukankah tiap orang itu berbeda, Na?

Yes, dengan perbedaan-perbedaan inilah, justru saya belajarnya melalui blogwalking. Melihat aneka macam informasi, gaya menulis, dan opini-opini cerdas dari teman-teman blogger di Indonesia, bahkan di seluruh dunia.

Sebelum mengakhiri postingan ini, saya sejenak melipir kembali ke blog sepatumerah(dot)com yang membuat saya jatuh cinta dengan ngeblog pertama kali, tapi sayang, ternyata blog ini sudah tidak ada. Kemanakah gerangan pemilik blognya? Apakah ia bosan dengan aktivitas ngeblog? Saya yang sempat mengalami masa tersebut, memaklumi kok, kadang kita bisa saja jenuh, tapi ketika kita tahu bahwa ternyata manfaat ngeblog itu bikin sehat jiwa raga, kenapa gak dipertahankan bahkan ditingkatkan?

Blog ini saja yang umurnya masuk usia ke 8 tahun depan, sempat hampir tidak saya perpanjang. Akan tetapi, saya ingat lagi, tujuan saya membuat blog ini karena apa dan bagaimana. Akhirnya saya pertahankan, dan ternyata keputusan saya benar. Di blog inilah saya kembali mengurai kata, meracik mimpi, melepas penat, dan mengekspresikan diri. Yes, dengan ngeblog, I Found Myself.

Buat teman-teman yang berada dalam fase bosan atau jenuh ngeblog ataupun nulis, gak masalah, suatu saat pasti akan kembali lagi. Asal temukan WHY yang tepat. Boleh sebutkan alasan teman-teman ngeblog? Sekedar hobby atau sekaligus penguatan jati diri seperti saya?

Istantina atau lebih dikenal sebagai innaistantina, A Lifestyle Blogger asal Jogjakarta. Selain menulis, motret & yoga adalah hobby yang digelutinya. Kenali lebih dekat melalui IG: @innaistantina

34 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *