Blogging & Writing

Kenapa Akhirnya Nulis di Platform Online, Kenapa Estrilook?

Butuh waktu lama, buat saya untuk ambil keputusan ikut terjun nulis artikel di platform online. Kenapa? Karena keAKUan saya sangatlah tinggi! Ihhhh alasan macam apa itu? Ihhh beneran, karena buat saya menulis itu perlu sentuhan personal, butuh kedekatan dengan pembacanya, jadi saya selalu menyebutkan kata SAYA di dalam postingan.Β Menulis di blog tepatnya, adalah sesuatu yang bersifat pribadi, intimate, dan banyak sekali pendapat subyektif yang menyertai. Sementara menulis artikel di platform online, artinya harus melebur menjadi jamak dan riset yang cukup mendalam. Artinya keAKUannya sangatlah zero!

Keraguan saya berikutnya adalah pada sisi GENGSI! Awalnya iya pada *harga* tiap tulisan, yang kok terbilang murah ya? Tapi di beberapa platform memang siap memberikan bayaran besar. Sayangnya, tulisan serba gosip, mistis, ataupun yang serba punya nilai rating tinggi, tapi ini bukan saya, bukan style saya. Saya tidak bisa menulis sesuatu yang saya gak mau, yang gak sreg di hati saya.Β 

Bimbang selanjutnya adalah pada EKSISTENSI. Maksudnya gimana? Gini, jadi membesarkan dan membangun sebuah blog saja, kita butuh energi luar biasa. Lah kok masih mau nulis di platform online? Kenapa gak gedein blog sendiri aja? Ntar nama kita gak dikenal lagi, lebih dikenal si platform onlinenya?

Pikiran-pikiran itu hinggap beberapa kali di pikiran saya. Sampai akhirnya, saya memutuskan untuk menulis di platform online. Pernah nyoba sekali, tapi kurang sreg dengan platform onlinenya. Padahal platform tersebut termasuk tersohor di Indonesia. Saya tetap mencari info tentang platform online yang ada, karena sebagai blogger saya juga butuh wawasan baru, apalagi saya sempat off sekian tahun. Seperti halnya ketika saya menemukan komunitas ODOP yang melatih untuk menulis sesuai dengan kaidah berbahasa. Saya juga yakin, dengan bergabung di sebuah platform, maka ini juga akan bertebaran ilmu baru dan sahabat-sahabat baru yang sama-sama hobby menulis.

Menulis juga bukan tentang harga, tapi tentang sebuah kenyamanan. Kalo kita nyaman, ya sudah kerjakan aja!

Lalu bertemulah saya dengan sebuah komunitas baru, yang kebetulan semuanya perempuan, dengan visi misi tentunya untuk perempuan. Uniknya, platform ini kalau saya perhatikan dari sisi tulisan, cukup berkualitas. Emang ada yang gak berkualitas? Sok, silahkan kunjungi beberapa platform artikel yang terkenal, sebagian tulisannya bikin berkernyit dan bertanya-tanya, “Ini gak salah nih, platform sebesar ini memuat tulisan dengan kualitas seadanya? Lalu apa fungsi editornya?”.Β Iya maaf, dalam hal menulis saya bisa jadi terlalu idealis, tapi bukankah tulisan itu sebuah karya seni? Yang juga perlu dijaga estetikanya?

Platform yang saya pilih adalah Estrilook, dengan Mbak Muyassaroh sebagai pendirinya. Beliau punya blog juga, dan sudah menghasilkan ribuan artikel! Wow! Gak bisa diragukan lagi kepiawaiannya di dunia tulis menulis ini.

Di Estrilook sendiri, saya pengen lebih fokus untuk menulis tentang gadget & techno, salah satu bidang kesukaan saya, yang saya bidik dari sisi perempuannya. Ini adalah tulisan pertama yang lolos masuk di Estrilook.

Semoga kedepannya, Estrilook juga tetap dengan komitmennya membawa perempuan-perempuan Indonesia yang hobby menulis, tetap menulis dengan berkualitas dan tentu saja tulisan-tulisan bermanfaat buat masyarakat luas.

“Hei para penulis, berhati-hatilah dengan tiap tulisan, tiap kata yang Kau ciptakan. Rusak dan suksesnya sebuah bangsa, salah satunya bermula dari sebuah tulisan”

Terimakasih sudah berkunjung dan komen di blog ini, komen akan dimoderasi terlebih dahulu sebelum tampil :)

4 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *