Food & Travel

5 Tempat Makan di Jogja Utara Ini Siap Menggoyang Lidah

Tinggal di Jogja itu artinya surga makanan murah meriah, begitu kata para wisatawan ataupun pendatang. Buat saya, yang wong Jogja aseli, merasa tetep aja tuh harga sebenarnya variatif, iya ada yang murah, tapi gak sedikit juga yang harganya cukup lumayan mahal.

Kalau mau murah, ya ke rumah makan padang seperti Murah Meriah, dijamin murah dan enak! 50ribuan bisa dapet 3 porsi nasi ayam. Ya kan, nulis begini, jadi kebayang-bayang betapa sedapnya itu si sambal ijo.

Eh eh bentar, saya disini bukan mau bicara nasi padang, hahaha. Tapi saya akan ulas tempat makan di Jogjakarta, yang pernah saya langsung datangi dan ternyata jadi favorit buat saya, suami dan juga anak-anak.

Bisa dibilang, tempat makan yang saya sebutkan ini, unik dan rasanya khas Jogja banget, puya ciri khas tersendiri yang bikin kita pengen balik lagi dan lagi. Nah yang saya ulas berikut, adalah tempat makan yang dekat dengan tempat tinggal saya di Jogja Utara. Ini pun berasa gak habis-habis eksplorasi di sisi Jogja yang satu ini, padahal ya masih banyak juga di Jogja bagian lainnya. Tapi sementara sih saya ngidernya masih di sini-sini aja πŸ˜€

All right, here we go, 5 tempat makan di Jogja Utara yang siap menggoyang lidah:

1. Mbah Carik

Warung makan yang terletak di dekat lokasi wisata kaliurang ini, menyajikan aneka menu masakan. Tapi yang selalu menjadi pesanan favorit kami sekeluarga adalah Bakmi Jowo Godog alias Bakmi Jawa Rebus. Beh, ini enakkkk banget, sumpahhh! Apalagi kalau yang suka pedas, bisa sambil nyeplus lombok rawit, yang bikin rasanya makin juara!

2. Mbak Diah

Dekat dengan kampus, menjadikan warung makan Mbak Diah dengan model prasmanan ini, banyak diserbu mahasiswa. Termasuk saya saat masih kuliah. Dan ternyataaa rasanya gak berubah loh dari jaman saya kuliah sampai saya menikah dan punya 2 orang anak. Dahsyat kan berarti? Kalau sebuah warung makan bisa mempertahankan cita rasanya selama belasan tahun. Menu favorit saya dan keluarga di tempat makan yang terletak di daerah Seturan Jogjakarta ini adalah Ayam Kremes & Sayur Asem. Khusus sayur asemnya, saya gak bisa nemuin rasa seperti yang saya temukan di Mbak Diah ini. Dududududu, rasanya njawani dan enak banget!

3. Bu Tuti

Berdekatan dengan warung Mbak Diah, warung makan Bu Tuti ini di jaman saya kuliah dulu, hanya buka pada jam sarapan. Seinget saya, dulu namanya bukan Bu Tuti deh, ada tulisan makanan khas kalimantan gitu, tapi terakhir kesana sama suami dan anak-anak, kok udah gak ada ya tulisan “khas” tersebut? Mmm tapi gak masalah sih, misal namanya bener ganti pun, rasanya tetep oke punya! Di warung Bu Tuti yang berlokasi di seturan ini, hanya punya 2 menu, yaitu Nasi Kuning dan Lontong Sayur. Nah, kita bisa request dengan lauk ayam ataupun telor beragam olahan.

4. Kopi Klothok

 

Namanya Kopi Klothok, pastinya terkenal karena kopinya. Tapi 2x kesini, saya belum pernah pesan kopi, karena bukan pecinta kopi. Menu paling favorit adalah pisang goreng! Yes, simple banget ya? Hahaha. Gak tau juga sih, perasaan pisang gorengnya kok enak gitu. Menu seperti sego megono dan aneka masakan tradisional juga tersedia. Lokasinya berada di jalan kaliurang, dengan suasana alam pedesaan dan kebun-kebun asri di sekelilingnya, membuat tempat makan ini diburu para penikmat kuliner baik dari Jogja maupun luar Jogja.

5. Sop Djadoel


Saya baru 2x ke tempat makan di dekat lokasi Candi Sambisari ini, pertama dengan perkumpulan komite sekolah dan kedua dengan anak-anak saat ngeVlog. Secara konsep memang dibuat jaman dulu, baik dari interiornya hingga suasana yang dibangun melalui musik yang tersaji seperti Nike Ardilla, Koes Plus, dan lagu era jadul lainnya. Yang bikin warung Sop Djadoel ini istimewa adalah sop yang diracik dengan bahan spesial, yaitu susu sapi murni. Enak memangnya? Deh jangan ditanya, lezatttt pokoknya! Gak ada enek-eneknya kok. Warung makan ini padahal baru berdiri sekitar 1.5 tahun, tapi tiap kesini selaluuuu ramai!

Dari kelima tempat makan di jogja utara yang saya uraikan diatas, adakah yang teman-teman juga pernah kunjungi? Atau mungkin punya rekomendasi tempat makan lainnya di Jogja? Boleh, silahkan komen yes!

 

Istantina atau lebih dikenal sebagai innaistantina, A Lifestyle Blogger asal Jogjakarta. Selain menulis, motret & yoga adalah hobby yang digelutinya. Kenali lebih dekat melalui IG: @innaistantina

14 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *